Penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Ta'limusshibyan Karangpandan Rejoso Pasuruan / Faizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Ta'limusshibyan Karangpandan Rejoso Pasuruan / Faizah

Faizah (2012) Penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Ta'limusshibyan Karangpandan Rejoso Pasuruan / Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Maind Mapping Aktifitas HasilBelajar IPS SD. Berdasarkan hasil surveyawal yang dilakukanolehpenelitimenunjukkanbahawahasilbelajardanaktivitassiswakelasV MI Ta limusshibyanKarangpandanKab. Pasuruan masih rendah hal ini dapat dilihat dari (1) Hasil nilai raport siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2011-2012 yang masih di bawah rata-rata KKM (2) Aktifitaspembelajaranberpusatpada guru (3) guru hanya menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan (4) Media pembelajaran hanya terpaku bacaan yang tersedia pada buku pelajaran. Hal inimenyebabakansiswalebihcepatbosan.Untuk itu perlu adanya suatu model pembelajaran yang membuat siswa lebih kreatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan penerapan model Mind Mapping dalam pembelajaran IPS kelas V dan (2) Mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPS siswakelas V MI Ta limusShibyanKarangpandanKabupatenPasuruan (3)Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswakelas V MI Ta limusshibyanKarangpandankabupatenPasuruan. Jenis penelitian iniadalahpenelitiantindakankelas (PTK) denganempattahapan yaituperencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi.Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I dengan menggunakan pembelajaran Mind Mapping diperoleh skor rata-rata siswa mencapai 58 33 sebanyak 7 (46 67%) tuntas belajar karena telah mencapai kriteria ketuntasan individu. Sedangkan 8 siswa (53 3%) belum tuntas belajar karena masih di bawah kriteria ketuntasan individu. Ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan sebesar 75 % juga belum tercapai. Pada siklus IIaktivitasdanhasilbelajarsiswamengalamipenigkatandengan rata-rata sebesar 75 33 dari skor rata-rata yang dilaksanakan pada siklus I. Terdapat 13 siswa (80%) telah mencapai ketuntasan belajar individu sedangkan 3 siswa (20%) belum mencapai ketuntasan belajar individu. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan sebesar 75% sudah tercapai dalam siklus II.Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas danhasilbelajarsiswakelas V MI Ta limusshibyanKarangpandanRejosoPasuruan.Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata pada pelaksanaan tindakan siklus I dan II.Dalampenelitianditemukankendalabahwasannya guru masihbelumsepenuhnyamenguasai kelas. Saran yang diberikan hendaknya penerapan Mind mapping disiapkan lebih matang baik media dan penguasaan kelas lebih sering memberikan penguatan dan penghargaan agar aktivitas belajar meningkat dan terpacu meningkatkan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104301

Actions (login required)

View Item View Item