Adipta, Hendra (2012) Pemanfaatan media dalam pelaksanaan pelajaran IPS kelas IV di SD Se-Gugus 3 Kecamatan Klojen Kota Malang / Hendra Adipta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Media IPS. Berdasarkan observasi dan identifikasi masalah yang dilakukan peneliti di SDN Sukoharjo 2 dan SD Muslimat NU pada observasi awal pada semester 2 ditemukan 1) guru belum terlihat memanfaatkan media guru cenderung menggunakan buku paket dan LKS sebagai sumber belajar 2) guru lebih sering memberikan soal-soal dan memungkinkan intensitas penggunaan media kurang 3) beberapa media diabaikan dan hanya digunakan sebagai pajangan saja. Penelitian ini bertujuan mengungkap 1) Bagaimanakah pemanfaatan media yang dilakukan guru kelas Vdi SD Gugus 3 Kecamatan Klojen Kota Malang dalam pelajaran IPS semester 2 tahun ajaran 2011/2012 2) Apakah kendala yang dihadapi saat memanfaatkan media yang dilakukan oleh guru Kelas V di SD Gugus 3 Kecamatan Klojen Kota Malang semester 2 tahun ajaran 1011/2012 3) Upaya apa yang dilakukan oleh guru kelas V dalam menanggulangi kendala dalam pemanfaatan media di SD Gugus 3 Kecamatan Klojen Kota Malang semester I tahun ajaran 1011/2012 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrumen utama yang berhubungan langsung dengan subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan kehadiran ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media yang digunakan oleh keseluruhan guru kelas V di SD Se-Gugus 3 Kecamatan Klojen Kota Malang selama semester 2 adalah sebagai berikut (a) Papan Tulis (b) Buku Paket IPS (c) LKS (d) Gambar Tokoh Pahlawan (e) Peta Indonesia (f) Teks proklamasi (g) Gambar dari internet 2) Kendala yang dihadapi oleh guru kelas V SD se-gugus 3 kecamata Klojen kota Malang dalam menggunakan media antara lain (a) Kondisi fisik media sudah jelek (b) media yang terbatas (c) Ukuran gambar kecil (d) Mahalnya biaya dalam pembuatan media 3) Upaya apa yang dilakukan oleh guru kelas V dalam menanggulangi kendala dalam pemanfaatan media (a) Guru mencari sendiri di internet (b) Guru memperbanyak media dengan di foto copy (c) Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membawa media yang akan diajarkan secara kelompok (d) Guru membuat media sendiri. Kesimpulan penelitian ini adalah Selama pembelajaran semester 2 guru kelas V di SD se-gugus 3 kecamatan Klojen kota Malang telah menggunakan dan memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran guru sudah menggunakan media yang relevan dengan tujuan materi dan pemanfaatannya. Peneliti menyarankan dapat disarankan dalam Pemanfaatan media yang digunakan oleh guru pada pelajaran IPS kelas V SD se-gugus 3 kecamatan Klojen kota Malang sebaiknya lebih bervariatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |