Fatria, Bhevo Dany Arif (2012) Pengaruh media "bujur" pecahan terhadap hasil belajar pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN Percobaan I Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci bujur pecahan hasil belajar Karakteristik siswa SD yaitu masih dalam tahap berfikir operasional konkret. Matematika merupakan ilmu yang memiliki kecenderungan deduktif sehingga dalam pembelajaran perlu diciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk membuat siswa memahami dan mengerti konsep-konsep abstrak dalam matematika yaitu dengan menyajikan dalam bentuk konkret kepada anak melalui media pembelajaran. Media bujur pecahan merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pengurangan pecahan dan merupakan media yang dapat dimanipulasi atau diotak-atik oleh siswa secara langsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) menjelaskan hasil belajar pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN Percobaan 1 Malang yang diajar dengan menggunakan media bujur pecahan (2) menjelaskan hasil belajar pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN Percobaan 1 Malang yang diajar tanpa menggunakan media bujur pecahan (3) mengetahui pengaruh penerapan media bujur pecahan terhadap hasil belajar pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN Percobaan 1 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Eksperimental bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Percobaan 1 Malang. Instrumen pengukuran terdiri dari soal pre-test dan post-test pengurangan pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelompok eksperimen dengan menggunakan media bujur pecahan dalam pembelajaran lebih tinggi daripada hasil belajar kelompok kontrol yang tidak menggunakan media bujur pecahan dalam pembelajarannya. Rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen yaitu 84 63 dengan ketuntasan 80 % sedangkan rata-rata hasil belajar kelompok kontrol 77 38 dengan ketuntasan 68%. Dari hasil uji t terhadap hasil belajar siswa diketahui nilai t hitung 1 674 dan nilai t tabel untuk 945 0 05 yaitu -1 664. Jadi hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol karena t hitung t tabel yaitu -1 674 -1 664 atau 1 674 1 664. Dari paparan data di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan media bujur pecahan terhadap hasil belajar pengurangan pecahan. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu media bujur pecahan memiliki pengaruh yang baik dalam pembelajaran pengurangan pecahan sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104292 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |