Peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui proses menulis siswa kelas IV SDN Kalipucung 03 Kabupaten Blitar / Ulil Fadilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui proses menulis siswa kelas IV SDN Kalipucung 03 Kabupaten Blitar / Ulil Fadilah

Fadilah, Ulil (2012) Peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui proses menulis siswa kelas IV SDN Kalipucung 03 Kabupaten Blitar / Ulil Fadilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis karangan deskripsi proses menulis. Berdasarkan observasi awal yang telah dilaksanakan ditemukan beberapa penyebab kegiatan pembelajaran menulis karangan deskripsi tidak sesuai dengan harapan Dari 6 siswa 4 siswa yang belum dapat menggunakan ejaan dengan sempurna 3 siswa cenderung tidak aktif mengikuti kegiatan pembelajaran 4 siswa yang kesulitan dalam menulis karangan deskripsi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan proses menulis dalam meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Kalipucung 03 Kabupaten Blitar (2) mengetahui hasil penerapan proses menulis dalam meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Kalipucung 03 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 6 siswa. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi Wawancara Dokumentasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data secara kualitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap pelaksanaan pembelajaran dari pratindakan ke siklus I peningkatannya mencapai 40% dan dari siklus I ke siklus II peningkatannya mencapai 60%. Hasil belajar siswa dari pratindakan 0% siswa tuntas meningkat pada siklus I menjadi 40% siswa tuntas dan siklus II menjadi 100% siswa tuntas belajar dari 6 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Proses Menulis dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran dan pelaksanaan pendekatan Proses Menulis juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga 6 siswa dapat tuntas dalam belajar. Maka disarankan agar guru menggunakan pendekatan proses menulis dalam menulis karangan deskripsi pada pembelajaran Bahasa Indonesia atau materi lain yang dapat juga dikembangkan dengan pendekatan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104287

Actions (login required)

View Item View Item