Peningkatan hasil belajar matematika materi luas persegi dan persegi panjang melalui model pakem kelas III SDN Sumberagung 02 Kab. Blitar / Rahmat Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika materi luas persegi dan persegi panjang melalui model pakem kelas III SDN Sumberagung 02 Kab. Blitar / Rahmat Setyawan

Setyawan, Rahmat (2012) Peningkatan hasil belajar matematika materi luas persegi dan persegi panjang melalui model pakem kelas III SDN Sumberagung 02 Kab. Blitar / Rahmat Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan hasil belajar Luas persegi dan persegi panjang Pendekatan PAKEM. Hasil observasi awal di SDN Sumberagung 02 didapatkan bahwa pembelajaran matematika masih belum maksimal. Guru secara aktif memberikan informasi kepada siswa sedangkan siswa hanya mendengarkan kemudian mengerjakan soal. Metode yang digunakan guru adalah ceramah dan penugasan sehingga siswa kurang tertarik dengan kegiatan pembelajaran dan banyak yang melakukan kegiatan lain misalnya ramai bermain sendiri dan bermalas-malasan. Penyampaian informasi yang diberikan kepada siswa secara abstrak. Hal ini menyebabkan rendahnya pemahaman siswa untuk menguasai pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan dan mengkaji pelaksanaan model PAKEM pada pembelajaran matematika dengan materi luas persegi dan persegi panjang di kelas III SDN Sumberagung 02 (2) untuk mendeskripsikan dan mengkaji peningkatan hasil belajar pada siswa kelas III SDN Sumberagung 02 setelah diajarkan dengan model PAKEM pada pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan desain penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sumberagung 02 dengan jumlah siswa 15 anak. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi (1) lembar observasi proses kegiatan guru dalam pembelajaran (2) lembar observasi proses aktivitas siswa (3) tes formatif. Penerapan pendekatan PAKEM ini digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penilaian aktivitas siswa dari siklus 1 sebesar 72% dan 74% sedangkan siklus 2 sebesar 83% dan 82% hal ini menunjukkkan peningkatan kualitas aktivitas belajar. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 47% pada pratindakan 60% dan 60% pada siklus 1 menjadi 80% dan 86% pada siklus 2 hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDN Sumberagung 02. Saran bagi guru agar dalam pembelajaran matematika hendaknya menyajikan kegiatan yang bervariasi menarik membuat siswa lebih aktif serta kreatif dalam belajar dan bekerja. Bagi siswa hendaknya lebih semangat belajar dan tidak segan bertanya kepada guru apabila mengalami kesulitan dalam belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104240

Actions (login required)

View Item View Item