The effect of scaffolding to junior high school studentsÔÇÖ descriptive writing performance / Rizky Tantia Cesaridha - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of scaffolding to junior high school studentsÔÇÖ descriptive writing performance / Rizky Tantia Cesaridha

Cesaridha, Rizky Tantia (2018) The effect of scaffolding to junior high school studentsÔÇÖ descriptive writing performance / Rizky Tantia Cesaridha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii ABSTRAK Cesaridha Rizky. 2018. The Effect of Scaffolding to Junior High School Students Descriptive Writing Performance. Jurusan Bahasa Inggris. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dra. Nunung Suryati M. Ed. Ph. D. Pembimbing II Prof. Dr. Nur Mukminatien M. Pd. Kata Kunci Scaffolding Teks Deskriptif Kemampuan Menulis Deskriptif Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki keefektifan teknik Scaffolding diadaptasi dari Sulzberger (2015) di tingkat SMP dalam kemampuan menulis deskriptif murid. Subyek penelitian ini adalah murid kelas tujuh dari dua kelas yaitu kelas A dan kelas B yang telah dipilih oleh sekolah. Murid di kelas A berjumlah 21 murid dan murid di kelas B berjumlah 22 murid. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimental dan kelompok control. Kedua kelompok tersebut diberikan perlakuan selama enam pertemuan. Kelompok eksperimental diberikan perlakuan dengan teknik Scaffolding dan kelompok control diberikan perlakuan metode tradisional. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis. Kedua kelompok tersebut diberikan pre-test untuk mengetahui kehomogenan subyek dikedua kelompok tersebut dan diberikan post-test untuk mengetahui keefektifan teknik Scaffolding. Hasil kerja murid dinilai berdasarkan kategori konten organisasi teks tata bahasa pilihan kata dan cara penulisan. Nilai dari hasil post-test kedua kelompok tersebut diproses menggunakan formula t-test menggunakan alat SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan dari jumlah nilai rata-rata dikelompok eksperimental dan control. Hal ini dibuktikan dengan hasil p-value di t-test menggunakan SPSS yang bernilai 0.01. Sehingga nilai p-value lebih rendah dari nilai 0.05 dan menolak Null-hypothesis yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan bermakna dari nilai rata-rata kedua kelompok tersebut. Berdasarkan hasil penelitian murid mengalami perubahan paling besar dari aspek menulis dikategori konten teks. Dapat disimpulkan bahwa teknik Scaffolding efektif dalam meningkatkan kemampuan murid dalam menulis deskriptif dari hasil perbandingan nilai rata-rata dari kedua kelompok. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi guru dan dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10421

Actions (login required)

View Item View Item