Ramayanti, Yenni (2012) Peningkatan pembelajaran matematika melalui model open-ended siswa kelas IV SDN 1 Penjor Kabupaten Tulung agung / Yenni Ramayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci peningkatan pembelajaran model open-ended Kenyataan di lapangan siswa kelas IV SDN 1 Penjor Kabupaten Tulungagung masih memiliki pemahaman konsep yang perkalian dan pembagian yang rendah sehingga hasil belajar matematika untuk materi KPK dan FPB masih kurang dari KKM. Dari kenyataan tersebut maka diadakan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagimanakah pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran open-ended siswa kelas IV SDN 1 Penjor Kabupaten Tulungagung dan (2) Apakah model pembelajaran open ended dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Penjor Kabupaten Tulungagung Metode penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif sedangkan jenis penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawncara tes angket dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran KPK dan FPB dengan menggunakan model pembelajaran open-ended dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Penjor Kabupaten Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada pratindakan 50 siklus I 66 dan siklus II 77 . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran KPK dan FPB melalui model pembelajaran open-ended dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Penjor Kabupaten Tulungagung oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan dan memahami model pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |