Perbedaan media audio visual dan bukan audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Panggung rejo 04 Kepanjen / Ahmad Irfan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan media audio visual dan bukan audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Panggung rejo 04 Kepanjen / Ahmad Irfan

Irfan, Ahmad (2012) Perbedaan media audio visual dan bukan audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Panggung rejo 04 Kepanjen / Ahmad Irfan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media Audio Visual Media Bukan Audio Visual Motivasi Hasil Belajar IPS SD Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji apakah ada perbedaan motivasi belajar siswa yang diajar tanpa media audio visual dan yang diajar menggunakan media audio visual. Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar tanpa media audio visual dan yang diajar menggunakan media audio visual siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat dan menjaga kelestariannya di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen Kabupaten Malang Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini (1) ada perbedaan motivasi belajar siswa yang diajar tanpa media audio visual dan yang diajar menggunakan media audio visual siswa kelas IV kompetensi dasar menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat dan menjaga kelestariannya di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen Kabupaten Malang (2) Ada perbedaan hasil belajar yang dicapai dari pembelajaran tanpa media audio visual dan pembelajaran menggunakan media audio visual. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen (Pretest-Postest control Group Design). Subjek penelitian melibatkan seluruh siswa Kelas IV semester satu SDN Panggungrejo 04 Kepanjen Kabupaten Malang sebanyak 44 siswa yang terbagi atas dua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa yang diajar tanpa media audio visual dengan yang diajar menggunakan media audio visual pada tingkat signifikansi 0 078 dan (2) ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar tanpa media audio visual dan yang diajar menggunakan media audio visual pada taraf signifikansi 0 001. Pembahasan menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media audio visual lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran tanpa media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini yaitu (1) Sekolah disarankan untuk menerapkan pembelajaran menggunakan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar (2) Guru disarankan untuk menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar lainnya (3) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan eksperimen lanjutan dengan mengembangkan media audio visual dalam pembelajaran IPA PKn Bahasa Indonesia dan mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104139

Actions (login required)

View Item View Item