Rusydianto, Muhtar (2012) Peningkatan hasil belajar matematika tentang penyelesaian soal cerita melalui model contextual teaching and learning (CTL) pada kelas IV SDN Sukorejo 01 Kabupaten Blitar / Muhtar Rusydianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci hasil belajar soal cerita model contextual teaching and learning (CTL) Hasil observasi yang dilakukan peniliti pada kelas IV saat pembelajaran Matematika terdapat 1) guru ceramah mengenai materi dan memberikan penjelasan 2) siswa saat pembelajaran memperhatikan dengan duduk manis ada yang menguap bermain alat tulis 3) siswa tidak diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi 4) siswa mengerjakan soal yang ada di buku paket 5) setelah selesai siswa dinilai hasil belajar yang diperoleh yaitu nilai 8804 64 terdapat 14 siswa dan nilai 8805 65 terdapat 8 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model CTL pada pembelajaran Matematika tentang penyelesaian soal cerita pada Siswa Kelas IV SDN Sukorejo 01 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika tentang penyelesaian soal cerita melalui model CTL pada Siswa Kelas IV SDN Sukorejo 01 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif jenis penelitian tindakan kelas dengan model kolaboratif yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL pada pembelajaran matematika materi uang dan kelipatan di kelas IV dengan kategori amat baik. Hal tersebut didukung dengan munculnya semua komponen model CTL pada saat pembelajaran berlangsung yang dibuktikan dengan penilaian proses. Selain itu juga diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa yang baik pula. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan adalah 36 73% pada siklus I adalah 59 09% dan pada siklus II adalah 90 90% dengan kategori amat baik. Melihat keberhasilan tersebut disarankan kepada guru untuk menerapakan model CTL pada materi lain di mata pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |