Meningkatan hasil belajar matematika menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) pada kelas V SDN Tlumpu Kota Blitar / Rudi Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatan hasil belajar matematika menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) pada kelas V SDN Tlumpu Kota Blitar / Rudi Prasetyo

Prasetyo, Rudi (2011) Meningkatan hasil belajar matematika menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) pada kelas V SDN Tlumpu Kota Blitar / Rudi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci contextual teaching and learning hasil belajar matematika Hasil pengamatan pratindakan menunjukkan terdapat permasalahan dalam pembelajaran Matematika pada kelas V SDN Tlumpu kota Blitar yang berupa (1) pembelajaran dilaksanakan secara konvensional secara klasikal dan didominasi guru (2) pembelajaran tanpa media pembelajaran tidak melibatkan siswa dan (3) nilai rata-rata siswa mencapai 62 serta (4) terdapat 19 siswa atau 54% dari 35 siswa yang tuntas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendekripsikan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Matematika pada kelas V SDN Tlumpu Kota Blitar (2) mendeskripsikan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas V SDN Tlumpu Kota Blitar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang dikumpulkan berupa kualitatif dan kuantitatif yang diuraikan secara deskriptif dalam bentuk kata-kata. Penelitian terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CTL dalam wujud kegiatan guru dalam mengajar pada siklus I mencapai persentase 74% dan siklus II mencapai 86%. Kegiatan siswa dalam pembelajaran menggunakan model CTL pada siklus I mencapai 70% dan siklus II mencapai 86%. Selain itu ada peningkatan hasil belajar siswa dari pembelajaran yang dilakukan. Persentase siswa tuntas belajar pada pratindakan sebesar 54% siklus I sebesar 69% dan siklus III sebesar 89%. Peningkatan persentase siswa tuntas belajar dari pratindakan ke siklus I sebesar 15% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 20%. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) model CTL berhasil diterapkan pada pembelajaran Matematika kelas V SDN Tlumpu kota Blitar melalui kegiatan pembelajaran dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk membangun pengetahuan kegiatan tanya jawab penggunaan media yang terencana pembelajaran kelompok merangkum dan menyimpulkan serta kegiatan penilaian proses dan hasil pembelajaran (2) penerapan model CTL dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian disarankan kepada guru agar dalam menerapkan model CTL selalu merencanakan dengan sebaik mungkin tentang jumlah media sarana tanya jawab dan alokasi waktu penilaian akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104094

Actions (login required)

View Item View Item