Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan model talking stick pada kelas III MI Miftahul Huda Gerongan Kraton Pasuruan / Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan model talking stick pada kelas III MI Miftahul Huda Gerongan Kraton Pasuruan / Fitria

Fitria (2011) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan model talking stick pada kelas III MI Miftahul Huda Gerongan Kraton Pasuruan / Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Aktivitas Siswa Hasil Belajar Siswa Model Talking Stick IPS SD/MI. IPS dalam dunia pendidikan memiliki peran penting dalam memperknalkan siswa dengan lingkungan sedini mungkin. Hal ini disebabkan IPS tidak hanya mengajarkan pengetahuannya saja akan tetapi juga keterampilan sosial dalam kegiatan pembelajarannya. Hasil observasi pada kelas III di MI Miftahul Huda Gerongan ada beberapa permasalahan antara lain 1) Pembelajaran IPS masih konvensional (ceramah dan penugasan). 2) Siswa kurang perhatian pada saat pembelajaran. 3) Rendahnya aktivitas siswa. 4) Rendahnya hasil belajar hal ini dibuktikan setelah mengerjakan soal evaluasi dan nilainya rata-rata 58 6. Penelitian ini mendiskripsikan 1) Aktivitas belajar 2) Hasil belajar 3) Pembelajaran kooperatif 4) Pembelajaran kooperatif model talking stick. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Miftahul Huda Gerongan Kraton Pasuruan yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi tes wawancara dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut 1) Hasil aktivitas guru pada siklus I dengan nilai akhir 82 3% pada siklus II 94 1% . 2) Hasil aktivitas siswa pada siklus 1 dengan nilai akhir 63% pada siklus II 78%. 3) Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 68 3 (55 5%) siklus II rata-rata mencapai 85 8 (88 9%). Penerapan model Talking Stick pada mata pelajaran IPS kelas III MI Miftahul Huda Gerongan Kabupaten pasuruan dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas III MI Miftahul Huda Gerongan Pasuruan. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus 1 dan siklus II mengalami peningkatan sampai 15%. Penggunaan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Miftahul Huda Gerongan Pasuruan. Dapat dilihat dari hasil belajar siklus 1 siklu II mengalami peningkatan sampai 33 4%. Peneliti menyimpulkan pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti juga menyarankan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa hendaknya menggunakan strategi dan model pembelajaran yang menerik salah satunya adalah dengan menerapkan model Talking Stick. Guru harus bisa menyusun langkah-langkah pembelajaran yang membuat siswa mampu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103944

Actions (login required)

View Item View Item