Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model picture and picture pada siswa kelas IV SDN Sutojayan 04 Kabupaten Blitar / Tri Cahyo Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model picture and picture pada siswa kelas IV SDN Sutojayan 04 Kabupaten Blitar / Tri Cahyo Wulandari

Wulandari, Tri Cahyo (2011) Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model picture and picture pada siswa kelas IV SDN Sutojayan 04 Kabupaten Blitar / Tri Cahyo Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan menulis narasi model picture and picture Keterampilan menulis narasi di kelas IV SDN Sutojayan 04 Kabupaten Blitar kurang memuaskan yaitu hanya terdapat 2 siswa dari jumlah total 10 siswa yang sudah mencapai batas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65. Hal ini dikarenakan guru menggunakan metode konvensional yang membuat siswa menjadi bosan dan pembelajaran kurang menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model picture and picture dalam keterampilan menulis narasi dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui model picture and picture. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dokumentasi wawancara dan tes. Hasil penelitian setelah menggunakan model picture and picture aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 30% yaitu dari 40% menjadi 70%. Ketuntasan keterampilan menulis narasi siswa dari pratindakan ke siklus 1 meningkat sebesar 10% yaitu dari 20% menjadi 30%. Dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 60% yaitu 30% menjadi 90%. Pada akhir siklus 2 terdapat 1 siswa yang belum tuntas karena siswa tersebut mengalami keterlambatan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103942

Actions (login required)

View Item View Item