Peningkatan kemampuan menerapkan konsep pada pembelajaran IPA melalui model siklus belajar (Learning cycle) 5E di kelas IV SDN Gondanglegi Wetan 03 Kabupaten Malang / Ratih Permanasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menerapkan konsep pada pembelajaran IPA melalui model siklus belajar (Learning cycle) 5E di kelas IV SDN Gondanglegi Wetan 03 Kabupaten Malang / Ratih Permanasari

Permanasari, Ratih (2011) Peningkatan kemampuan menerapkan konsep pada pembelajaran IPA melalui model siklus belajar (Learning cycle) 5E di kelas IV SDN Gondanglegi Wetan 03 Kabupaten Malang / Ratih Permanasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kemampuan Menerapkan Konsep Pembelajaran IPA Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi di kelas IV yang menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menerapkan konsep pada pembelajaran IPA masih kurang berkembang. Hal ini dikarenakan selama pembelajaran berlangsung guru kurang mengembangkan adanya pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan penerapan konsep Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menerapkan konsep pada tahap pratindakan (2) untuk mendeskripsikan penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5E dalam meningkatkan kemampuan siswa menerapkan konsep dan (3) untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan konsep melalui model siklus belajar (learning cycle) 5E. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5E pada pembelajaran pratindakan belum mencapai keberhasilan. Hal ini terlihat dari skor rata-rata hasil tes akhir siswa pada pembelajaran pratindakan hanya sebesar 49 dengan kualifikasi nilai kurang (K). Penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5E dilakukan melalui 5 tahap yaitu (1) tahap engagement (2) tahap eksplorasi (3) tahap eksplanasi (4) tahap elaborasi dan (5) tahap evaluasi. Penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5E dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan konsep. Hal ini terbukti dari peningkatan skor rata-rata siswa pada setiap tahap. Pada pembelajaran pratindakan skor rata-rata siswa sebesar 49 siklus I sebesar 59 dan siklus II sebesar 75. Melihat keberhasilan penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5E tersebut disarankan bagi guru untuk menerapakan model siklus belajar (learning cycle) 5E pada matapelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103940

Actions (login required)

View Item View Item