Setyorini, Indah Tri (2011) Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis WEB untuk siswa kelas V SDN Bunulrejo 2 Kota Malang / Indah Tri Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan media pembelajaran IPA web Pembelajaran IPA membutuhkan media pembelajaran untuk memudahkan dalam menyampaikan bahan pembelajaran. Media sebagai sarana jembatan berpikir siswa harus memiliki karakteristik efektif dan efisien dalam penggunaannya. Web merupakan hasil kemajuan teknologi yang kompeten untuk dikembangkan sebagai media dalam pembelajaran IPA karena kelebihannya yaitu efektif dalam melengkapi pembelajaran dan efisien waktu dalam pemanfaatannya. Selain itu siswa SDN Bunulrejo 2 Kota Malang memiliki kecenderungan yang masih gemar bermain. Hal ini dapat dilihat ketika mereka dihadapkan dengan komputer berakses internet mereka akan segera membuka game online dan memainkannya. Karakter yang dimiliki siswa kelas V ini apabila diarahkan dengan baik tentu dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Salah satu yang dapat digunakan yaitu media pembelajaran yang dikembangkan dengan basis web. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tujuan yaitu menghasilkan bahan pembelajaran IPA kelas V berbasis web (berwujud content) dengan menggunakan KD 7.4 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis web (tampilan web). Media pembelajaran yang dimaksudkan berupa desain tampilan web pembelajaran dan petunjuk penggunaan (user admin) serta memaparkan hasil belajar IPA siswa Kelas VA SDN Bunulrejo 2 Kota Malang yang menggunakan media pembelajaran IPA berbasis web. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data penelitian berupa paparan hasil validasi kelayakan media pembelajaran IPA berbasis web yang dikembangkan yang dilihat dari aspek kelayakan isi penyajian dan interaktivitas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan validasi. Peneliti menggunakan instrumen pedoman wawancara lembar observasi catatan lapangan dan angket validasi. Pada media web yang dikembangkan dilakukan uji kelayakan oleh ahli media ahli materi dan praktisi pembelajaran SD serta diujicobakan kepada kelompok terbatas 10 orang siswa.Triangulasi dilakukan peneliti untuk menjaga keabsahan data yang diperoleh ketika pengumpulan data. Tahapan analisis yang dilakukan peneliti mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Tahapannya dimulai dari tahap reduksi penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran IPA berbasis web yang disusun dalam format html yang dapat diakses secara online pada jaringan intranet. Dalam tampilan web ini pengembangan media menggunakan akses dengan fokus jaringan lokal intranet (LAN). Bagian-bagian media pembelajaran IPA berii basis web ini meliputi bagian frontpage kegiatan 1 kegiatan 2 kegiatan 3 dan bagian evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut. Pertama bahan pembelajaran IPA kelas V berbasis web diperoleh nilai kajian materi 95% kategori isi materi penyajian dan interaktivitas dinilai sangat layak dengan perolehan nilai rata-rata 94 33% termasuk petunjuk yang dibuat. Adapun respon yang terekam dari siswa yang diuji coba dengan media web sangat positif. Media ini memberikan motivasi belajar membantu dalam pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan dengan aktifitas yang meningkat pembelajaran yang semakin kondusif dan hasil belajar yang memuaskan. Rata-rata nilai yang dicapai di akhir pembelajaran adalah 7 3 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 70%. Dengan demikian media pembelajaran berbasis web ini mampu membantu terlaksananya pembelajaran IPA yang lebih inovatif dan meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil belajarnya dapat lebih baik. Keberlanjutan pemanfaatan media ini hendaknya senantiasa disesuaikan dengan kebutuhan situasi dan kondisi. Agar dapat memperoleh kualitas media yang lebih baik maka media yang telah dibuat perlu dipertimbangkan sesuai kebutuhan di lapangan dan kelebihan serta kelemahannya. Hal ini dilakukan mengingat karakter khusus yang dimiliki media web yang mengutamakan kekinian bahan dan keinteraktifan kegiatan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |