Widyaningrum, Rifi Astuti (2011) Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Sidorejo 01 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar / Rifi Astuti Widyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci model pembelajaran talking stick aktivitas belajar IPS Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Sidorejo 01 kecamatan Doko kabupaten Blitar rendah. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang bersemangat. Guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab tanpa diselingi model pembelajaran sehingga siswa terlihat malas untuk belajar. Sebagian siswa asik bermain sendiri dan bergurau dengan temannya. Siswa kurang diberikan kebebasan untuk beraktivitas selama pembelajaran.Untuk itu peneliti menerapkan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Sidorejo 01 kecamatan Doko kabupaten Blitar dan (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Sidorejo 01 kecamatan Doko kabupaten Blitar dengan penerapan model pembelajaran talking stick. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan dan pengamatan (3) refleksi (4) rencana perbaikan. Menggunakan empat teknik dalam pengumpulan data yaitu (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi (4) tes. Hasil penelitian terhadap aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 52 15% meningkat menjadi 68 5% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV di SDN Sidorejo 01 kecamatan Doko kabupaten Blitar. Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 78 75 dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 82 85. Kesimpulan dari penelitian ini selain meningkatkan aktivitas siswa penerapan model pembelajaran talking stick meningkatkan hasil belajar siswa. Saran peneliti yaitu guru hendaknya menerapkan model pembelajaran talking stick pada materi tertentu guru hendaknya memberi penguatan kepada siswa selama pembelajaran dan perlu adanya penelitian selanjutnya tentang penerapan model pembelajaran talking stick untuk matapelajaran selain IPS atau materi lain. Penelitian lanjutan tersebut akan memberikan kontribusi pada peningkatan dunia pendidikan di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |