Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKN di SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Epi Yuni Badelwair - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKN di SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Epi Yuni Badelwair

Badelwair, Epi Yuni (2011) Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKN di SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Epi Yuni Badelwair. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model STAD Hasil Belajar PKn SD. Pendidikan kewarganegaraan memiliki arti sangat penting di setiap jenjang pendidikan terutama pada SD karena pembelajaran PKn dimaksudkan untuk membekali siswa dengan budi pekerti pengetahuan dan kemampuan dasar berekenaan dengan hubungan antara warga negara serta pendidikan pendahuluan bela negara agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan Negara. Upaya untuk lebih meningkatkan prestasi belajar siswa dapat dilakukan melalui upaya memperbaiki proses pembelajaran. Peranan guru sangat penting dalam perbaikan proses pembelajaran. Oleh karena itu guru sepatutnya mampu mencari metode yang tepat dalam proses pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa pun dapat lebih meningkat. STAD adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang ditekankan pada adanya aktifitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran agar mencapai prestasi yang maksimal. Jadi STAD merupakan model pembelajaran yang penekanan pembelajarannya pada aktifitas siswa dalam kelompok untuk saling bekerja sama dalam memahami dan menguasai materi pengajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari. 1) Perencanaan. 2) Pelaksanaan. 3) observasi. 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Lesanouro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang terdiri dari 42 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes lembar Observasi (Guru dan Siswa). Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I mengalami peningkatan siswa yang dikatakan tuntas sebanyak 11 siswa (26 19%). Pada siklus II meningkat lagi yaitu siswa yang tuntas sebanyak 42 siswa (100%) setelah penerapan model STAD. Penerapan model pembelajaran STAD sangat cocok dengan pembelajaran PKn bagi siswa kelas IV SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yaitu pada materi globalisasi karena dalam pelaksanaan pembelajaran guru sudah menyiapkan rencana pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran yang diterapkan Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) model STAD dapat diterapkan dengan baik pada pembelajaran PKn kelas IV SDN Lesanporo 3 Kota Malang (2) model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lesanpuro 3 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103894

Actions (login required)

View Item View Item