Penerapan model round club untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Agustina Oratmangun - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model round club untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Agustina Oratmangun

Oratmangun, Agustina (2011) Penerapan model round club untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Agustina Oratmangun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Round Club Aktivitas Belajar Hasil Belajar PKn SD Beberapa permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Madyopuro 4 Malang adalah sebagai berikut 1) kegiatan pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan ceramah tanyajawab dan pemberian tugas sangat jarang 2) sangat jarang menggunakan media pembelajaran. Salah satu indikator yang menunjukan kemampuan berpikir masih rendah tersebut adalah siswa jarang menyampaikan pendapat atau mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan guru dan merasa takut pada saatmau memberikan tanggapan atau pendapat atas masalah yang diajukan oleh guru. Model pembelajaran Round Club adalah salah satu model pembelajaran yang termasuk dalam model pembelajaran koopetarif yang menuntut agar masing-masing anggota kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi meraka dan mendengarkan pandangan dan pemikirang orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan model Round Club untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 kecamatan Kedungkandang Kota Malang 2) mendeskripsikan penerapan model Round Club untuk meningkatkan aktivitas belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dan 3) mendeskripsikan penerapan model Round Club dapat untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan bersiklus. Melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen. Instrumen tes tertulis berupa soal essay. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut secara kalsikal peningkatan aktivitas belajar PKn siswa pada siklus I 57 14% mengalami peningkatan 94 29% pada siklus II. Hasil belajar PKn siswa secara klasikal mengalami peningkatan 55 43% pada pra tindakan meningkat lagi menjadi 72 57% pada siklus I dan kemudian meningkat lebih baik lagi menjadi 80% pada siklus II. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran dengan model Round Club yang diterapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) penerapan model Round Club dapat diterapkan dengan baik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 kecamatan Kedungkaandang kota Malang 2) penerapan model Round Club dapat meningkatkan aktivitas belajar Pkn pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 kecamatan kedungkandang kota Malang 3) penerapan model Round Club dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 kecamatan kedungkandang kota Malang. Disarankan agar guru menggunakan model Round Club dalam membelajarkan siswa di kelas rendah maupun kelas tinggi pada mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103856

Actions (login required)

View Item View Item