Penerapan model make a match untuk meningkatkan kemampuan melakukan pembagian pada siswa kelas III MI Miftahul Huda Gerongan Kraton Pasuruan / Robiatul Adawiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model make a match untuk meningkatkan kemampuan melakukan pembagian pada siswa kelas III MI Miftahul Huda Gerongan Kraton Pasuruan / Robiatul Adawiyah

Adawiyah, Robiatul (2011) Penerapan model make a match untuk meningkatkan kemampuan melakukan pembagian pada siswa kelas III MI Miftahul Huda Gerongan Kraton Pasuruan / Robiatul Adawiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Make A Match Kemampuan dan Pembelajaran Matematika Pembelajaran matematika hendaknya diberikan sejak dini kepada siswa dengan model pembelajaran yang membuat siswa aktif dan senang dalam mempelajari matematika. Namun pembelajaran matematika selama ini masih berpusat pada guru sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran matematika. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa kelas III masih kurang mampu dan terampil dalam melakukan pembagian. Hasil pada pra tindakan diperoleh data bahwa nilai rata-rata siswa dalam melakukan pembagian mencapai 33 12. Hal ini disebabkan karena beberapa kesalahan diantaranya pemberian perintah soal cara mengajarkan pembagian pada siswa serta susunan soal yang salah. Dari hasil ini diperoleh data bahwa siswa kelas III MI. Miftahul Huda Gerongan Kraton Pasuruan masih belum mampu dan terampil dalam melakukan pembagian. Model pembelajaran Make A Match merupakan model pembelajaran dimana siswa dituntut untuk bekerjasama dengan siswa lain dalam menemukan kartu jawaban maupun kartu soal yang dipegang pasangannya dengan batas waktu tertentu Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas III MI. Miftahul Huda Gerongan Kraton Pasuruan tahun pelajaran 2010/2011. Pengumpulan data diperoleh dengan pemberian tes tertulis pada setiap akhir pembelajaran. Data deskriptif meliputi kegiatan penyajian data dan penghitungan rata-rata skor. Secara umum proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari observasi awal perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi pada siklus I. Kemudian ditarik kesimpulan untuk selanjutnya dilakukan tindakan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut 1) hasil aktivitas guru dari siklus I siklus II siklus III sudah terlaksana dengan sempurna. Hal ini ditunjukkan dengan hasil skor rata-rata guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang mengalami peningkatan. 2) aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I siklus II dan siklus III selama melaksanakan model Make A Match. Dan ini dapat dilihat pada prosentase aktivitas siswa yang semakin meningkat. 3) Hasil kemampuan siswa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 54 12 siklus II rata-rata mencapai 60 29% dan pada siklus III nilai rata-rata mencapai 75. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Make A Match. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada (1) guru untuk selalu menerapkan model-model pembelajaran yang bervariasi (2) kepala sekolah hendaknya membantu menyediakan sarana pembelajaran yang tidak memungkinkan siswa untuk membawanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103809

Actions (login required)

View Item View Item