Peningkatan proses dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Sukoharjo 2 Kota Malang / Rahman Kelubas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan proses dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Sukoharjo 2 Kota Malang / Rahman Kelubas

Kelubas, Rahman (2011) Peningkatan proses dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Sukoharjo 2 Kota Malang / Rahman Kelubas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Proses dan Hasil Belajar Model pembelajaran VCT IPS SD. Apakah penerapan model pembelajaran VCT dapat meningkatkan (1) proses dan (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Sukoharjo 2 Kota Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) prosedur penelitian dilaksanakan 2 siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan observasi refleksi dan perbaikan rencana. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas IV SDN Sukoharjo 2 Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Observasi awal hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran VCT menunjukkan bahwa nilai rata-rata proses belajar siswa dari aspek yang dinilai pada siklus I pertemuan I sebesar 61 4 pertemuan II meningkat menjadi 68 1 dan siklus II menjadi 69 4. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I menjadi 68 2 pertemuan II meningkat menjadi 74 5 dan siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 83 9. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran VCT dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukoharjo 2 Kota Malang dengan materi pokok Mengenal masalah sosial di daerahnya . Dengan demikian diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran VCT pada mata pelajaran IPS dengan memperhatikan waktu sehingga siswa mengetahui dan mengalami secara langsung materi yang diajarkan. Pada jenjang sekolah dasar IPS memfokuskan kajiannya kepada hubungan antar manusia dan proses membantu pengembangan kemampuan pngetahuan keterampilan dan sikap. Iklim pembelajaran yang di kembangkan oleh guru mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan dan proses belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru kelas IV diketahui beberapa permasalahan diantaranya (1) Metode mengajar yang digunakan oleh guru masih didominasi metode ceramah (2) Proses belajar siswa rendah yang ditandai oleh siswa kurang aktif dalam mencari atau menemukan pengetahuannya sendiri (3) Hasil belajar IPS siswa kelas IV masih rendah dengan nilai rata-rata 61 9. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan penerapan model pembelajaran VCT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103806

Actions (login required)

View Item View Item