Penggunaan permainan tradisional pasaran untuk meningkatkan penguasaan konsep jual beli siswa kelas III SDN Bareng 1 Malang / Dwi Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan permainan tradisional pasaran untuk meningkatkan penguasaan konsep jual beli siswa kelas III SDN Bareng 1 Malang / Dwi Handayani

Handayani, Dwi (2011) Penggunaan permainan tradisional pasaran untuk meningkatkan penguasaan konsep jual beli siswa kelas III SDN Bareng 1 Malang / Dwi Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Permainan Tradisional Pasaran Penguasaan Konsep Jual Beli Dari hasil tes pra tindakan diketahui bahwa 93 75% siswa kelas III B SDN Bareng 1 Malang belum tuntas dalam pembelajaran konsep jual beli. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diperoleh data mengenai pembelajaran yakni terpusat pada guru kurang menarik perhatian siswa siswa bermain sendiri dan ketika diberikan pertanyaan hanya 5 siswa saja yang berani mengungkapkan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan permainan tradisional pasaran dalam pembelajaran tema jual beli dan mendiskripsikan peningkatan aktivitas rasa senang dan penguasaan konsep jual beli siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian diawali dengan melakukan orientasi lapangan observasi awal dan refleksi awal. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas III B SDN Bareng 1 Malang dengan jumlah siswa 35. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pedoman observasi pedoman wawancara angket dan kamera foto. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan permainan tradisional pasaran meningkat pada siklus I sebesar 88 54 meningkat pada siklus II yakni sebesar 100 (2) aktivitas siswa meningkat pada siklus I nilai aktivitas siswa sebesar 87 9 meningkat pada siklus II yang mencapai nilai 96 5 (3) 100% siswa senang mengikuti pembelajaran baik pada siklus I maupun siklus II dengan alasan pembelajarannya menyenangkan (4) penguasaan konsep jual beli siswa meningkat pada tahap pra tindakan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 6 25% meningkat pada siklus I sebesar 68 6% dan mengalami peningkatan yang sangat baik pada siklus II yang mencapai ketuntasan sebesar 91 4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan permainan tradisional pasaran pada pembelajaran berlangusng sangat baik (2) aktivitas siswa meningkat (3) seluruh siswa senang dalam pembelajaran dan (4) penguasaan konsep jual beli siswa meningkat. Bagi pihak sekolah apabila menggunakan permainan tradisional pasaran dalam pembelajaran sebaiknya memperhatikan siswa yang berperan sebagai pengamat untuk membimbing kegiatan pengamatan. Penelitian ini hanya mengukur pada hasil belajar tingkat kognitif sehingga ada baiknya untuk dilanjutkan pada peneliti berikutnya untuk melakukan penelitian tentang penggunaan permainan pasaran dengan memfokuskan hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotor siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103766

Actions (login required)

View Item View Item