Penerapan model pembelajaran literasi draf berulang untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Tulusrejo 2 Malang / Ainul Fatiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran literasi draf berulang untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Tulusrejo 2 Malang / Ainul Fatiyah

Fatiyah, Ainul (2011) Penerapan model pembelajaran literasi draf berulang untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Tulusrejo 2 Malang / Ainul Fatiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Literasi menulis karangan narasi. Hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas IV SDN Tulusrejo 2 Malang pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi menulis karangan narasi didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi. Rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 61 21 dengan kualifikasi cukup baik. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil menulis karangan narasi siswa perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model literasi yang dapat meningkatkan hasil menulis karangan narasi siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tulusrejo 2 Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan model literasi dapat dilaksanakan dengan efektif dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hal ini terbukti pada setiap siklus seluruh indikator dapat tercapai dengan baik sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Aktivitas pembelajaran tersebut meliputi pemilihan topik penyusunan draf karangan memperbaiki/merevisi karangan mengoreksi/mengedit karangan menulis jadi membacakan karangan serta memajang karangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model literasi untuk materi menulis karangan narasi dapat dilaksanakan dengan efektif. Hasil belajar pada siklus I rata-rata 63 05 dan meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 69 5. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai sarana rujukan penelitian lebih lanjut dengan memperhatikan dan melakukan persiapan yang matang dalam pembagian tugas untuk menghindari kekacauan dalam pengorganisasian siswa serta memberikan hadiah untuk memacu siswa agar lebih serius dalam mengarang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103717

Actions (login required)

View Item View Item