Penerapan metode kumon untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa kelas-3 dalam menyelesaikan soal pembagian bersusun di MI terpadu Ar Roihan Lawang / Ema Fitriya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode kumon untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa kelas-3 dalam menyelesaikan soal pembagian bersusun di MI terpadu Ar Roihan Lawang / Ema Fitriya

Fitriya, Ema (2011) Penerapan metode kumon untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa kelas-3 dalam menyelesaikan soal pembagian bersusun di MI terpadu Ar Roihan Lawang / Ema Fitriya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode kumon motivasi pembagian bersusun. Sekolah Dasar (SD) merupakan salah satu jenjang pendidikan terpenting untuk memperoleh pengetahuan dasar sebagai penunjang dalam memperoleh pengetahuan berikutnya di jenjang yang lebih tinggi. Untuk itu agar mudah dalam memperoleh pengetahuan di jenjang yang tinggi siswa SD harus mempunyai pengetahuan dasar yang kuat. Pengetahuan dasar yang kuat akan diperoleh apabila pembelajaran dilakukan sesuai dengan karakteristik dan kemampuan siswa namun guru mengalami kesulitan dalam melakukan hal tersebut. Hal ini dikarenakan sistem pendidikan klasikal yang terdiri dari banyak siswa dalam satu kelas (30-40 siswa) yang mengakibatkan perhatian guru tidak merata sehingga motivasi siswa menurun dalam pembelajaran matematika dan hasil belajar siswa pun masih di bawah KKM terutama pada materi pembagian bersusun yang menuntut keterampilan masing masing individu bukan kelompok. Untuk mengatasi masalah di atas maka dilakukanlah pembelajaran dengan menggunakan metode kumon yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kumon yang mampu meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pembagian bersusun siswa kelas 3 di MI Terpadu Ar Roihan Lawang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 3 MI Terpadu Ar Roihan Lawang dengan jumlah siswa 30 anak. Untuk mengumpulkan data digunakan tekhnik wawancara observasi tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase dan pedoman ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah diperoleh adanya peningkatan motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika yaitu 93% dengan kriteria sangat tinggi. Selain itu pada peningkatan hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 92 0 dan prosentase ketuntasan siswa 93% dengan kriteria sangat baik. Penerapan metode kumon di kelas terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Namun dalam pelaksanaan di sekolah-sekolah lain guru dapat mengkreasikan sesuai dengan karakteristik dan kondisi sekolahnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103698

Actions (login required)

View Item View Item