Pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran pada siswa kelas V SD / Sri Hartatik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran pada siswa kelas V SD / Sri Hartatik

Hartatik, Sri (2011) Pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran pada siswa kelas V SD / Sri Hartatik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemecahan masalah operasi hitung campuran bilangan SD Hasil pre test matematika kelas V untuk materi semester I yang diujikan kepada siswa kelas V SDN Kromengan 04 menunjukkan bahwa kemampuan siswa pada operasi hitung campuran mendapatkan nilai terendah. Siswa tidak terampil dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran berdasarkan pendekatan pemecahan masalah yaitu dengan tahap pemahaman terhadap masalah perencanaan pemecahan masalah melaksanakan perencanaan pemecahan masalah dan melihat kembali kelengkapan pemecahan masalah Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan keterlaksanaan pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran pada siswa kelas V SDN Kromengan 04 Kabupaten Malang 2) mendeskripsikan aktifitas siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah 3) mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran setelah diterapkan pendekatan pemecahan masalah. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan pada setiap siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) penyusunan rencana 2) tindakan 3) observasi 4) refleksi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Kromengan 04 Kabupaten Malang pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 25 siswa. Berdasarkan tes pra tindakan rata-rata hasil belajar siswa masih jauh dari harapan yaitu 55 04 dibawah standar KKM yang ditetapkan SDN Kromengan 04 yaitu 65. Hasil pre tes menunjukkan 0% siswa dengan nilai 81-100 kategori A 24% siswa dengan nilai 61-80 kategori B 72% siswa dengan nilai 41-60 kategori C 4% siswa dengan nilai 21-40 kategori D dan 0% siswa dengan nilai 0-20 kategori E. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah diterapkan pendekatan pemecahan masalah diketahui bahwa rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 77 97 dan siklus II meningkat menjadi 81 70 2) rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 55 04 pada siklus I meningkat 52% menjadi 67 36 dan pada siklus II meningkat 16% menjadi 85 16. Data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran siswa kelas V SDN Kromengan 04 Kabupaten Malang. Dari data-data yang telah dipaparkan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran siswa kelas V SDN Kromengan 04 Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103697

Actions (login required)

View Item View Item