Mafida, Amalia Rohmatu (2011) Upaya meningkatkan pembelajaran IPA melalui model somatic auditory visualization intellectualy pada siswa kelas V SDN Sumberagung I Kecamatan Plosoklaten / Amalia Rohmatu Mafida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran IPA Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) Berdasarkan hasil observasi awal pada kelas V di SDN Sumberagung I Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri siswa pasif dan jenuh selama pembelajaran dan guru masih menggunakan metode ceramah sebagai dominasi dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pra tindakan yaitu 56 8 dan terdapat 22 siswa atau 62 9% belum mencapai ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan Model Pembelajaran (2) aktivitas belajar siswa (3) hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sumberagung I Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri setelah menerapkan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI). Penelitian ini dilakukan di SDN Sumberagung I Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri dengan subyek siswa kelas V sebanyak 34 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggrat meliputi 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi catatan lapangan dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) pada pembelajaran IPA kelas V dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan setiap indikatornya telah mengalami peningkatan hal tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh yaitu 94 pada siklus pertama dan meningkat menjadi 99 pada siklus kedua. Selain itu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa sebesar 61 35 dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh skor rata-rata aktivitas siswa sebesar 80 4. Selain itu hasil belajar juga mengalami peningkatan. Hal tersebut terbukti dari rata-rata hasil belajar pada pra tindakan yaitu 55 dengan ketuntasan belajar kelas 32 3% pada siklus I rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 63 dengan ketuntasan belajar kelas sebesar 55 8% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan lagi menjadi 74 meskipun ada 4 siswa (11 8%) yang belum mencapai ketuntasan belajar individu namun untuk ketuntasan belajar kelas sudah mencapai 88 2%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada Standar Kompetensi Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model dan Kompetensi Dasar Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya begitu pula aktivitas belajar dan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam melaksanakan model pembelajaran SAVI antara lain model pembelajaran SAVI membutuhkan waktu yang lama maka guru harus menyiapkan dengan matang sebelum menggunakan model ini dan guru hendaknya mempersiapkan media pembelajaran agar mendukung pelaksanaan model pembelajaran SAVI sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Dan untuk meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran dengan model pembelajaran SAVI ini guru hendaknya harus memperharikan karakteristik siswa sabar dalam memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Selain itu juga perlu diperhatikan dalam pembagian kelompok agar dalam satu kelompok heterogen yang terdiri dari siswa yang memiliki kemampuan akademik yang berbeda agar tidak terjadi kesenjangan dalam kelompok. Mengingat masih adanya siswa yang belum bisa menuntaskan hasil belajarnya maka peneliti menyarankan agar guru memperhatikan karakteristik siswa dan lebih sabar dalam membimbing siswa. Guru dapat memberikan motivasi kepada siswa yang ditunjukkan dengan cara memberikan hadiah atau penghargaan pada siswa dengan nilai yang terbaik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |