penggunaan media abakus (dekak-dekak) untuk meningkatkan kemampuan "menyelesaikan soal pengurangan dua bilangan dengan meminjam" pada siswa kelas 2 SDI Nurul Izzah Kota Malang / Dewi Kinanti Puspasari - Repositori Universitas Negeri Malang

penggunaan media abakus (dekak-dekak) untuk meningkatkan kemampuan "menyelesaikan soal pengurangan dua bilangan dengan meminjam" pada siswa kelas 2 SDI Nurul Izzah Kota Malang / Dewi Kinanti Puspasari

Puspasari, Dewi Kinanti (2011) penggunaan media abakus (dekak-dekak) untuk meningkatkan kemampuan "menyelesaikan soal pengurangan dua bilangan dengan meminjam" pada siswa kelas 2 SDI Nurul Izzah Kota Malang / Dewi Kinanti Puspasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Abakus Kemampuan Mengurang. Hasil wawancara dengan guru kelas II SDI Nurul Izzah Malang peneliti menyimpulkan bahwa penguasaan konsep siswa terhadap materi pengurangan bilangan dengan meminjam belum maksimal. Pembelajaran masih bersifat konvensional hanya ceramah dan latihan soal saja sehingga siswa cenderung pasif. Selain itu guru belum menggunakan media konkret sehingga siswa kurang bersemangat dalam pembelajaran. Hasil pre tes menunjukkan ada 14 siswa dari 21 siswa atau 67% yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sedangkan siswa yang telah mencapai standar ketuntasan yaitu 7 siswa atau 33%. Nilai rata-rata hanya mencapai 55 sedangkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran matematika yaitu 67 55. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pengurangan bilangan dengan meminjam dengan menggunakan media abakus (dekak-dekak). Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II SDI Nurul Izzah Kota Malang sebanyak 21 siswa.. Tahap dalam penelitian ini adala (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan penilaian (4) refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) soal-soal tes (2) pedoman observasi dan (3) pedoman wawancara (4) angket. (5) catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan menggunakan abakus (dekak-dekak) pada kelas I SDI Nurul Izzah Malang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam pengurangan dua bilangan dengan meminjam. Peneliti melakukan 2 siklus tindakan dimana setiap siklusnya dilakukan 3 kali pertemuan. Setelah pembelajaran dengan menggunakan media abakus (dekak-dekak) siswa mampu mencapai ketuntasan belajar yang ditentukan. Siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 18 siswa sedangkan 3 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tentang pengurangan dua bilangan dengan meminjam dengan menggunakan media abakus (dekak-dekak) dapat mengoptimalkan semua komponen dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan siklus I ke siklus II sebesar 55 meningkat menjadi 65 meningkat menjadi 84. Persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus I sebesar 18 18% persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 29 23%. Keaktifan siswa juga meningkat dari 66 menjadi 82 meningkat lagi menjadi 83. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan keaktifan siswa serta kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103694

Actions (login required)

View Item View Item