Implementasi model LRD (Listen-Read-Discuss) untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang / Yusni Dian Rakhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model LRD (Listen-Read-Discuss) untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang / Yusni Dian Rakhmawati

Rakhmawati, Yusni Dian (2011) Implementasi model LRD (Listen-Read-Discuss) untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang / Yusni Dian Rakhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Listen-Read-Discuss Keterampilan Berbicara Sekolah Dasar Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang relevan dengan kompetensi yang dicapai. Untuk keterampilan berbicara peneliti mengimplementasikan model Listen-Read-Discuss karena LRD menjembatani siswa dan guru untuk lebih interaktif siswa melakukan 3 tahap yaitu menyimak membaca dan membahas. Dari 3 tahap tersebut siswa akan lebih memahami teks dan mempermudah mereka untuk menyampaikan teks yang diterima. Permasalahan yang terungkap selama melakukan penelitian (1) Siswa kesulitan dalam berbicara yaitu dalam lafal/ucapan saat berbicara (2) Siswa kurang dalam intonasi dan modulasi saat berbicara (3) Siswa belum banyak dalam menggunakan kosa kata dan pemilihan kalimat (4) Siswa kurang dalam hal penampilan atau ekspresi saat berbicara dan (5) Kesesuaian dengan teks juga masih kurang saat berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis kelas. Dengan demikian peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari atas empat tahap yaitu 1) perencanaan 2) tindakan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Data penelitian diambil melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa instrument tes perbuatan yang berisi aspek-aspek criteria penilaian keterampilan berbicara. alat pengambilan non tes yang digunakan berupa pedoman observasi wawancara dan dokumentasi (foto). Selanjutnya data dianalisis secara kalitatif dan kuantitatif. Kegiatan yang dilaksanakan dalam penelitian ini berdasarkan langkah-langkah (1) menyimak (2) membaca (3) Membahas dan (4) berbicara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil proses belajar pada pembelajaran berbicara melalui model LRD mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan sebelumnya. Nilai keterampilan berbicara pra tindakan rata-rata kelas 65 pada siklus I rata-rata kelas 70 pada siklus 2 rata-rata kelas 78. Dengan demikian keterampilan berbicara melalui model Listen-Read-Discuss dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103691

Actions (login required)

View Item View Item