Pristanti, Mahallisa Dyah (2011) Pemanfaatan media rekaman televisi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Kiduldalem 2 Malang pada mata pelajaran IPS / Mahallisa Dyah Pristanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci media rekaman televisi aktivitas belajar hasil belajar IPS SD Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari guru kepada siswa sehingga dapat merangsang pikiran perasaan perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses terjadi. Dengan demikian dalam proses belajar mengajar media sangat diperlukan agar siswa bisa menerima pesan dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) memanfaatkan media rekaman televisi 2) meningkatkan aktivitas belajar siswa dan 3) meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS. Televisi sebagai salah satu media pembelajaran akan dapat memberikan banyak informasi bagi dunia pendidikan. Terkait dengan hal tersebut maka guru dapat membawa perhatian anak misalnya dengan mengajak siswa belajar dengan menyaksikan tayangan televisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif interaktif. Jenis data yang akan dikumpulkan berupa data pengamatan tindakan peneliti aktivitas siswa dan hasil evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tiga hal yaitu observasi tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif Dalam penelitian ini peneliti mengacu pada model siklus PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan sekaligus observasi refleksi dan revisi rencana. Aktivitas dalam proses belajar mengajar merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran bertanya hal yang belum jelas mencatat mendengar berfikir dan segala kegiatan yang dilakukan yang dapat menunjang prestasi belajar. Sedangkan hasil belajar merupakan kemampuankemampuan yang dimiliki siswa setelah melakukan aktivitas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a) pembelajaran dengan memanfaatkan media rekaman televisi sangat efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPS b) pemanfaatan media rekaman televisi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Siswa yang belajar dengan media rekaman televisi memiliki aktivitas yang sangat baik dibandingkan sebelum belajar dengan memanfaatkan media rekaman televisi c) hasil belajar siswa setelah belajar dengan media rekaman televisi juga ikut meningkat. Saran bagi guru yaitu diharapkan dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran yang bervariatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |