Irawan, Agus (2011) Pemanfaatan surat kabar sebagai media media pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Pandanwangi 4 Malang / Agus Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pemanfaatan surat kabar media pembelajaran aktivitas belajar hasil belajar IPS. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pembelajaran IPS di kelas IV SDN Pandanwangi 4 Malang. Selama ini pembelajaran IPS yang diterapkan oleh guru kelas IV belum terlaksana dengan optimal. Guru tidak menggunakan media pembelajaran. Selain itu aktivitas dan hasil belajar siswa juga masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum penelitian. Diantara 24 siswa hanya terdapat 12 (50%) siswa yang tuntas belajar atau memenuhi KKM yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini antara lain (1) mendeskripsikan pembelajaran IPS dengan memanfaatan surat kabar sebagai media pembelajaran kelas IV di SDN Pandanwangi 4 Malang (2) mendeskripsikan pemanfaatkan surat kabar sebagai media pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV di SDN Pandanwangi 4 Malang dan (3) mendeskripsikan pemanfaatkan surat kabar sebagai media pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Pandanwangi 4 Malang. Materi yang dibahas dalam penelitian ini adalah permasalahan sosial di daerah sekitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif interaktif. Dalam penelitian ini. peneliti melakukan kolaborasi dengan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara kuisioner tes dan dokumentasi. Jenis data yang akan dikumpulkan berupa data hasil pengamatan penyusunan RPP hasil pengamatan tindakan peneliti pada saat pembelajaran aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif baik deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Dalam penelitian ini peneliti mengacu pada model siklus PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC. Taggart. Kendala yang dialami dalam penelitian ini adalah menentukan bacaan dari surat kabar yang berhubungan dengan materi masalah sosial . Kesimpulan dari penelitian ini antara lain (1) pembelajaran dengan memanfaatkan surat kabar sebagai media pembelajaran dinilai efektif untuk pemahaman materi IPS bagi siswa (2) pembelajaran dengan memanfaatkan surat kabar sebagai media pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan (3) pembelajaran dengan memanfaatkan surat kabar sebagai media pembelajaran ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I (40 91%) mengalami peningkatan pada siklus II (84 79%). Berdasarkan kesimpulan penelitian tersebut disarankan guru hendaknya menggunakan media pembelajaran yang lebih variatif dan inovatif dalam pembelajaran IPS yang sesuai dengan karakteristik dan tingkat pemikiran siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |