Penerapan model pembelajaran giving question and getting answer untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Kidul Dalem 2 Kecamatan Klojen kota Malang / Rizki Yusuf Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran giving question and getting answer untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Kidul Dalem 2 Kecamatan Klojen kota Malang / Rizki Yusuf Hidayat

Hidayat, Rizky Yusuf (2011) Penerapan model pembelajaran giving question and getting answer untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Kidul Dalem 2 Kecamatan Klojen kota Malang / Rizki Yusuf Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Giving Question and Getting Answer Aktivitas Hasil Belajar PKn SD Berdasarkan hasil survey awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa kelas IV SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang masih rendah hal ini dapat dilihat dari (1) Hasil nilai raport siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2010-2011 yang masih di bawah rata-rata KKM (2) Aktivitas pembelajaran berpusat pada guru (3) Guru hanya menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan (4) Media pembelajaran hanya terpaku bacaan yang tersedia pada buku pelajaran. Hal ini menyebabkan siswa lebih cepat bosan. Untuk itu perlu adanya suatu model pembelajaran yang membuat siswa lebih kreatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan penerapan model GQGA dalam pembelajaran PKn kelas IV (2) mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar PKn siswa kelas IV dan (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model GQGA siklus I keberhasilannya mencapai 91 25% sedangkan siklus II meningkat menjadi 98 75% (2) Keaktifan siswa pada siklus I ketuntasan klasikalnya sebesar 73 7% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 96 1% (3) Hasil Belajar saat pratindakan rata-rata hasil belajar siswa adalah 64 6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 53 3%. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa menurun menjadi 53 dengan ketuntasan klasikal 33 3%. Siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 74 dan ketuntasan klasikal menjadi 76 67%. Kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan model GQGA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang. Dalam penelitian ditemukan kendala bahwasanya guru masih belum sepenuhnya menguasai kelas. Saran yang diberikan hendaknya penerapan model GQGA disiapkan lebih matang baik media dan penguasaan kelas labih sering memberikan penguatan dan penghargaan berupa hadiah agar aktivitas belajarnya meningkat dan memberikan hadiah bagi yang hasil belajarnya sudah diatas rata-rata kelas agar terpacu meningkatkan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103658

Actions (login required)

View Item View Item