Indiantika, Trias (2011) Penerapan model cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Kebonagung 06 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Trias Indiantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Cooperative Script aktivitas belajar hasil belajar IPS SD. Berdasarkan hasil observasi pra tindakan pada tanggal 18 Februari 2011 di SDN Kebonagung 06 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang aktivitas dan hasil belajar siswa relatif rendah KKM yang di peroleh hanya mencapai 42 00. Hal tersebut berhubungan dengan cara pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional hal tersebut menyebabkan siswa kurang aktif dalam mencari pengetahuannya sendiri. Hasil dari pra tidakan yang diberikan pada 30 siswa menunjukkan bahwa hanya ada 3 siswa (10%) yang mencapai KKM yang ditentukan 75 00. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Script aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) subjek dalam penelitian ini yaitu seorang guru kelas IV dan seluruh siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 dengan prosedur (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan Penilaian (4) Refleksi di setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran IPS materi Koperasi siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa kelas IV dalam belajar IPS materi Koperasi meningkat ketika diterapkan model pembelajaran Cooperative Script. Rata-rata aktivitas pada siklus I 70 80 dan rata-rata pada siklus II 90 31. Pada siklus I dan II rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan 19 51. Hasil belajar siswa kelas IV dalam belajar IPS materi Koperasi meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Script. Rata-rata hasil belajar pada siklus I 74 83 dan pada siklus II 85 33. Pada siklus I dan II rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan 10 50. Ketuntasan siswa kelas IV pada siklus I 19 (63%) siswa dan jumlah siswa yang tidak tuntas belajar 11 (37%) siswa. Pada siklus II siswa yang tuntas 30 (100%) hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 37%. Nilai ketuntasan yang diperoleh pada siklus II sudah melebihi dari nilai KKM yang ditentukan yaitu 75 maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 dalam belajar IPS materi Koperasi tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |