Penerapan model peta konsep untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN Mojosari Kabupaten Malang / Dimas Kusuma Dyan Pamungkas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model peta konsep untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN Mojosari Kabupaten Malang / Dimas Kusuma Dyan Pamungkas

Pamungkas, Dimas Kusuma Dyan (2011) Penerapan model peta konsep untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN Mojosari Kabupaten Malang / Dimas Kusuma Dyan Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran IPA model peta konsep. Proses belajar mengajar harus dapat mengembangkan cara belajar mendapatkan mengelola menemukan menggunakan dan mengkomunikasikan perolehan atau hasil belajar. Berdasarkan observasi awal di SDN Mojosari Kabupaten Malang diketahui kegiatan belajar mengajar masih didominasi oleh guru dan hasil belajar siswa kelas IV masih relatif rendah. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan metode ceramah. Metode-metode ini membentuk siswa menjadi pasif kurang kreatif dan pengetahuan mereka kurang berkembang sehingga perlu adanya model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif dan dapat membantu siswa mengaitkan pengetahuan awal mereka dengan pengetahun baru yang mereka pelajari. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk lebih dapat mengaktifkan siswa salah satunya adalah model pembelajaran peta konsep. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Mojosari Kabupaten Malang dengan Kompetensi Dasar (KD) Keterkaitan antara sumber daya alam lingkungan teknologi dan masyarakat . Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan aktivitas guru dalam penerapan pembelajaran model peta konsep dalam meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV 2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran model peta konsep 3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran model peta konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model peta konsep dapat meningkatkan 1) aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan ke kategori baik (B) yaitu pada kategori kurang (K) dari siklus I (55 21%) menjadi (11 76%) ke siklus II. Kategori cukup (C) dari siklus I (31 93%) menjadi (11 76%) ke siklus II dan kategori baik (B) mengalami kenaikan sebesar 50 7% yaitu dari siklus I (12 85%) menjadi (76 47%) ke siklus II dan 2) Prosentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebesar 24 92%. Dari kegiatan pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model peta konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti siswa ramai sendiri guru dapat memberikan Lembar Kegiatan Siswa pada tiap-tiap kelompok lebih dari satu lembar agar siswa lebih bertanggung jawab namun dalam pelaksanaannya siswa tetap bekerjasama. Selain itu guru juga harus lebih merata dalam mengelola kelas supaya seluruh siswa memperoleh perhatian yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103645

Actions (login required)

View Item View Item