Peningkatan pemahaman konsep operasi bilangan pecahan melalui model pembelajaran kontekstual di kelas IV SDN Maron 04 Kabupaten Blitar / Yanurisma Al Rosidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep operasi bilangan pecahan melalui model pembelajaran kontekstual di kelas IV SDN Maron 04 Kabupaten Blitar / Yanurisma Al Rosidah

Rosidah, Yanurisma Al (2011) Peningkatan pemahaman konsep operasi bilangan pecahan melalui model pembelajaran kontekstual di kelas IV SDN Maron 04 Kabupaten Blitar / Yanurisma Al Rosidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci peningkatan pemahaman penjumlahan bilangan pecahan pengurangan bilangan pecahan model pembelajaran kontekstual Hasil observasi awal yang telah dilakukan di SDN Maron 04 Kabupaten Blitar mata pelajaran diperoleh pembelajaran Matematika yang dilaksanakan oleh guru antara lain guru tidak mengaitkan pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan dengan kehidupan sehari-hari siswa dam guru tidak pernah membelajarkan penjumlahan pecahan dengan menggunakan media dan strategi yang membuat siswa aktif bekerja untuk membuktikan kebenaran dari pernyataan yang dianggap ketentuan tersebut. Hal ini dibuktika dengan nilai hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran yaitu hanya 45% siswa yang dapat melampaui KKM kelas yaitu 62. Agar dapat meningkatkan pemahaman siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran dalam matapelajaran matematika perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan memantapkan konsep operasi hitung bilangan pecahan melalui model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kontekstual pada pembelajaran Matematika tentang operasi hitung bilangan pecahan di kelas IV SDN Maron 04 Kabupaten Blitar (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman operasi hitung bilangan pecahan melalui model pembelajaran kontekstual di kelas IV SDN Maron 04 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskripstif kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) dan guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer. Tahapan dalam penelitian ini yaitu dimulai dengan pengumpulan data yaitu melalui observasi wawancara dan tes. Kemudian pelaksanaan yang melalui tahapan perencanaan observasi dan refleksi. Selanjutnya analisis data yaitu melalui reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman siswa. Data yang diperoleh yaitu prosentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan adalah 45% pada siklus I adalah 65% dan pada siklus II adalah 75%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman konsep operasi bilangan pecahan pada siswa kelas IV SDN Maron 04 Kabupaten Blitar. Berdasarkan kesimpulan dapat disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran kontekstual yang kehidupan siswa sehari-hari agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal. Dan saran bagi siswa hendaknya siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan kerjasamanya dalam berkelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103643

Actions (login required)

View Item View Item