Peningkatan hasil belajar PKn kelas V melalui metode simulasi di SDN Plosokerep 1 kota Blitar / Tika Wahyu Fitrianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn kelas V melalui metode simulasi di SDN Plosokerep 1 kota Blitar / Tika Wahyu Fitrianingsih

Fitrianingsih, Tika Wahyu (2011) Peningkatan hasil belajar PKn kelas V melalui metode simulasi di SDN Plosokerep 1 kota Blitar / Tika Wahyu Fitrianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran PKn SD hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi ddiketahui bahwa di SDN Plosokerep 1 Kota Blitar siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu strategi pembelajaran kurang bervariasi dan kurang melibatkan siswa SDN Plosokerep 1 Kota Blitar. Hal tersebut berdampak pada perolehan rara-rata nilai ulangan dan ketuntasan belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan metode simulasi dalam pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan (1) bagaimana penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas V SDN Plosokerep Kota Blitar (2) apakah penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas V SDN Plosokerep 1 Kota Blitar. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Plosokerep kota Blitar dengan jumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes angket dan observasi selama proses belajar mengajar berlangsung. Analilsis data dilakukan setelah pemberian tindakan pada setiap siklus yang telah dilakukan. Dari hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan metode simulasi meliputi orientasi latihan bagi peserta proses simulasi dan pemantapan (2) penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn secara klasikal dengan peningkatan rata-rata penilaian proses pada siklus 1 pertemuan 1 sebesar 57 05 pada silus 1 pertemuan 2 sebesar 61 70 pada siklus 1 pertemuan 3 sebesar 67 pada siklus 2 pertemuan 1 sebesar 68 29 pada siklus 2 pertemuan 2 sebesar 74 23 dan pada siklus 2 pertemuan 3 sebesar 85 12. Sedangkan pada rata-rata penilaian evaluasi pada pra tindakan 59 64 pada siklus 1 pertemuan 1 sebesar 61 76 pada siklus 1 pertemuan 2 sebesar 64 70 pada siklus 1 pertemuan 3 sebsesar 64 70 pada siklus 2 pertemuan 1 sebesar 66 47 pada siklus 2 pertemuan 2 sebesar 71 18 pada siklus 2 pertemuan 3 sebesar 74 70. Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa metode simulasi dapat membawa pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil beajar siswa setelah pembelajaran dilakukan. Saran dari penelitian yaitu guru menggunakan metode simulasi untuk pembelajaran agar nilai belajar meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103640

Actions (login required)

View Item View Item