Wahyuni, Fifi Elfa (2011) Peningkatan hasil belajar matematika dengan materi luas dan keliling persegi panjang melalui pembelajaran berbasis masalah kelas 3 SDN Karangtengah I kota Blitar / Fifi Elfa Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Hasil Belajar Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam observasi permulaan yang dilakukan oleh peneliti peneliti menemukan beberapa masalah yang terjadi dalam pemebelajaran matematika di kelas 3 SDN Karangtengah I. masalah tersebut adalah 1) bahwa dalam mengajar matematika guru selalu aktif untuk memberikan ceramah kepada siswa sedangkan siswa hanya duduk diam dan mendengarkan saja 2) Adanya salah dalam memaknai konsep yang telah diberikan guru. Dari temuan tersebut maka peneliti akan melakukan penelitian dengan judul Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Materi Luas dan Keliling Persegi Panjang Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas 3 SDN Karangtengah I Kota Blitar Belajar dan mengajar sebagai suatu proses mengandung tiga unsur yang dapat dibedakan yakni tujuan pengajaran (intruksional) pengalaman ( proses) belajar mengajar dan hasil belajar. Tujuan intruksional pada hakekatnya adalah perubahan tingkah laku yang diingikan pada diri siswa. Oleh sebab itu dalam penilaian hedaknya diperiksa sejauh mana perubahan tingkah laku siswa melalui proses belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK). Yang dijadikan subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 3 yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 1)Tes 2) Observasi dan 3) wawancara. Analisis data dilakukan pada data yang telah diperoleh baik dari lembar observasi penilaian tes maupun catatan lapangan. Aktifitas belajar siswa pada pembelajaran berbasis masalah meningkat hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor pada kegiatan pra tindakan yang hanya mencapai 6 dengan persentase 23 % sedangkan pada skor aktifitas siswa pada siklus II aktifitas siswa mencapai skor 20 dengan persentase aktifitas siswa sebesar 95%. Pada nilai hasil belajar siswa selama pembelajaran berbasis masalah mencapai nilai rata-rata 7 9. Dengan presentase ketuntasan sebesar 100%. Dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah telah meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari tingkat keberhasilan belajar siswa sebesar 79 serta persentase dari tingkat ketuntasan belajar siswa yang telah mencapai ketuntasan klasikal dan individual sebesar 100%. Dalam melaksanakan pembelajaran berbasis masalah harus dapat memperhitungkan waktu tinngkat kesulitan permaslahan serta pemecahan masalah agar pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan yang diinginkan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa seyogyanya guru dapat mengurangi kesalahan konsep pada siswa dengan cara siswa berperan aktif menemukan konsep dan mengkonstruksikan konsepnya sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |