Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas V SDN Cipto Mulyo 1 Kecamatan Sukun kota Malang / Wike Nursa'diyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas V SDN Cipto Mulyo 1 Kecamatan Sukun kota Malang / Wike Nursa'diyah

Nursa'diyah, Wike (2011) Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas V SDN Cipto Mulyo 1 Kecamatan Sukun kota Malang / Wike Nursa'diyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kinerja Guru dan Motivasi Belajar Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Kebanyakan siswa menganggap bahasa Inggris sulit. Inilah peran guru untuk membuang anggapan seprti itu. Pada wawancara yang dilakukan pada kelas V SDN Ciptomulyo 1 Malang siswa mengaggap bahasa Inggris sulit tapai mereka menyukai bahasa Inggris dikarenakan mereka suka cara guru mereka mengajar. Sesuai dengan latar belakang maka tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menganalisis kinerja guru mata pelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas V di SDN Ciptomulyo 1 Kecamatan Sukun Malang (2) mendeskripsikan dan menganalisis motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas V SDN Ciptomlyo 1 Kecamatan Sukun Malang (3) mengetahui pengaruh kinerja guru bahasa Inggris terhadap motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Inggris di SDN Ciptomulyo 1 Kecamatan Sukun Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitataif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket. Populasi dalam penelitian semua guru dan siswa kelas V SDN Ciptomulyo 1 Malang. Dari populasi tersebut kemudian digunakan metode stratified random sampling untuk menentukan jumlah sampel yang akan diambil. Dalam penelitian kinerja guru ini ada 37 guru dan 37 siswa yang dijadikan sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian pada kinerja guru diketahui kinerja guru mata pelajaran bahasa inggris bahwa kurang dengan 3 guru (8 10%) yang tergolong berkinerja kurang cukup dengan 32 guru (86 48%) yang tergolong berkinerja cukup baik baik dengan 2 guru (5 42%) yang tergolong berkinerja baik. Dan pada motivasi belajar diketahui bahwa rendah dengan 4 siswa (10 81%) yang memiliki tingkat motivasi belajar pada mata pelajaran bahasa Inggris tergilong memiliki motivasi yang rendah sedang dengan 32 siswa (86 48%) yang memiliki tingkat motivasi belajar pada mata pelajaran bahasa Inggris tergolong memiliki motivasi yang sedang tinggi dengan 1 siswa (2 71%) yang memiliki tingkat motivasi belajar pada mata pelajaran bahasa Inggris tergolong memiliki motivasi yang tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung 5.983 dan ttabel 2 030 dan p 0 05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian ada pengaruh antara kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas V SDN Ciptomulyo 1 Malang. Dari hasil penelitian disarankan (1) kepada guru sekolah dasar agar lebih meningkatkan kinerjanya agar lebih mudah memotivasi belajar siswa dan (2) kepada peneliti selanjutnya agar dalam penelitian selanjutnya untuk menyempurnakan penelitian ini dan menambah jumlah sampel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103637

Actions (login required)

View Item View Item