Lestari, Dwi Ana (2011) Penerapan pendekatan quantum learning untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV A SDN Bareng 01 kota Malang / Dwi Ana Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Quantum Learning pembelajaran IPA Hasil observasi awal di SDN Bareng 01 Kota Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPA kelas IVA pada kompetensi dasar menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang jarang melibatkan serta mengaktifkan siswa. Siswa kurang antusias dalam kegiatan pembelajaran. Siswa terlihat mengantuk dan bicara sendiri dengan teman sebangku. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pra tindakan yaitu 68 11 dan masih terdapat 22 siswa (64 7%) belum mencapai ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan Quantum Learning pada pembelajaran IPA di kelas IVA SDN Bareng 01 Kota Malang (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IVA SDN Bareng 01 Kota Malang setelah penerapan pendekatan Quantum Learning (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Bareng 01 Kota Malang setelah penerapan pendekatan Quantum Learning. Penelitian ini dilakukan di SDN Bareng 01 Kota Malang dengan subjek penelitian siswa kelas IVA sebanyak 34 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 15 perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi catatatan lapangan dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Quantum Learning pada pembelajaran IPA kelas IVA di SDN Bareng 01 Kota Malang dapat dilaksanakan dengan baik dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hal ini terbukti pada setiap siklus indikator dapat tercapai dengan baik sesuai RPP yang dibuat yaitu skor rata-rata yang diperoleh 92 12 pada siklus I dan meningkat menjadi 99 16 pada siklus II. Penerapan pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan aktivias siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata aktivias siswa 73 52 pada siklus I dan meningkat menjadi 80 91 pada siklus II. Selain aktivitas siswa juga meningkatkan hasil belajar. Hal ini terbukti dari ratarata 76 97 dengan ketuntasan belajar klasikal 67 6% pada siklus I dan meningkat menjadi 82 14 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85 3% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |