Irawati, Mike (2011) Penerapan pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita di SDN Bareng 01 Klojen kota Malang / Mike Irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pemecahan masalah soal cerita. Hasil Observasi awal serta pengambilan data awal dengan tes mata pelajaran matematika di kelas IVa SDN Bareng 01 menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis pemecahan masalah masih sangat rendah. Terbukti dari 34 siswa tidak ada satu pun yang tepat menjawab soal pemecahan masalah yang disajikan dalam cerita.Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa kesalahan terjadi akibat siswa tidak memahami permasalahan yang dihadapinya. Selain itu akar permasalahan juga terdapat pada penguasaan yang rendah dalam langkah atau cara penyelesaian soal cerita dan soal-soal yang berbasis masalah. Penelitian ini menawarkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan strategi pemecahan masalah heuristik IV. Strategi heuristik IV merupakan strategi pemecahan masalah dengan cara menyederhanakan masalah. Adapun langkah-langkah dalam strategi heuristik IV yaitu pemahaman masalah perencanaan dan penyelesaian masalah yang meliputi pelaksanaan penyelesaian pengecekkan kembali serta kesimpulan jawaban. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif. data yang terkumpul dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. penelitian dilakukan dalam 2 siklus tindakan kelas. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 spertemuan. Pertemuan ke-4 pada siklus II dilaksanakan untuk memantapkan hasil penelitian karena pada pertemuan ke-3 hasilnya turun yang disebabkan oleh kondisi pembelajaran yang kurang kondusif. Penelitian dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan Prosentase keterlaksanaan pembelajaran pemecahan masalah oleh guru terlaksana 95% dan pembelajaran pada siswa 75%. Kemampuan siswa kelas IVa dalam menyelesaikan masalah mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 56% dari 26% menjadi 82%. Prosentase pencapaian keberhasilan penelitian 82% masuk dalam kategori baik. Hal yang harus lebih diperhatikan lagi dalam mengetahui apresiasi siswa dan observer hendaknya dilakukan wawancara setiap selesai pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103634 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |