Rosita, Avivatu (2011) Analisis buku teks mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) kelas II Sekolah dasar (SD) / Avivatu Rosita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci analisis buku teks kesesuaian pendekatan penulisan materi sistem evaluasi dengan kurikulum tahun 2006. Buku teks digunakan sebagai buku penunjang dalam proses pembelajaran. Namun saat ini masih ada beberapa buku yang belum sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan tahun 2006 baik dari segi pendekatan penulisan kompetensi maupun sistem evaluasi Oleh karena itu untuk mengatasi kondisi seperti itu para guru atau calon guru harus memiliki kemampuan menelaah buku teks. Dalam penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut. (1) bagaimana kesesuaian pendekatan penulisan buku teks dengan pendekatan yang ada dalam kurikulum yang ditetapkan tahun 2006 (2) bagaimana kesesuaian materi dalam buku teks dengan kompetensi dalam kurikulum yang ditetapkan tahun 2006 (3) bagaimana kesesuaian sistem evaluasi yang ada dalam buku teks dengan sistem evaluasi dalam kurikulum yang ditetapkan tahun 2006 Untuk memecahkan masalah tersebut penelitian dirancang dengan model analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah buku teks PKn SD/MI Kelas 2 yang ditulis oleh Setiati Widihastuti dan Fajar Rahyuningsih penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas 2008. Data hasil analisis dikumpulkan menggunakan instrumen. Data yang dikumpulkan sebagai berikut pertama kesesuaian pendekatan penulisan pada bab 1 sesuai dengan pendekatan filosofis konstruktivisme namun pada akhir pembahasan belum ada konfirmasi jawaban yang tepat sedangkan pada bab 2 3 dan 4 sesuai dengan pendekatan filosofis kognitivisme. Tidak ertulis pendekatan kurikuler yang berupa SK KD dan tidak sesuai dengan pendekatan pembelajaran tematik kedua kesesuaian materi dari 4 SK dan 9 KD dijabarkan menjadi 22 indikator tetapi 7 indikator pembelajaran tidak dibahas ketiga kesesuaian sistem evaluasi terdapat 189 sistem evaluasi aspek kognitif 10 istem evaluasi aspek afektif dan tidak terdapat sistem evaluasi aspek psikomotor. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan pertama Pendekatan penulisan buku teks tidak sesuai dengan pendekatan dalam kurikulum tahun 2006 kedua Materi dalam buku teks kurang sesuai dengan kompetensi dalam kurikulum tahun 2006 ketiga Sistem evaluasi dalam buku teks cenderung pada aspek kognitif sedangkan untuk aspek afektif hanya terdapat afektif yang bersifat kognitif saja dan tidak terdapat aspek psikomotor. Saran-saran dari hasil penelitian pertama penulis hendaknya melakukan revisi pada buku teks PKn kelas II kedua bagi guru atau calon guru sebelum mempergunakan buku teks guru dapat menelaah kesesuaian materi buku teks dengan kurikulum tahun 2006 dan guru bisa mengembangkan sendiri materi jika indikator belum dicantumkan atau memanfaatkan sumber belajar yang lain. Ketiga bagi peneliti lain hendaknya dapat meneliti materi buku teks PKn sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan karakteristik siswa SD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |