Wilyono, Age Putra (2011) Peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Malang melalui model Team Assisted Individualization (TAI) / Age Putra Wilyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Team Assisted Individualization (TAI) Pembelajaran IPA. Model Team Assisted Individualization merupakan model pembelajaran yang memadukan antara belajar individu dan kelompok. Berdasarkan studi pendahuluan terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas V SDN Sumbersari 1 Malang diperoleh temuan sebagai berikut (1) pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan metode ceramah (2) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA kurang optimal dan (3) hasil belajar IPA yang mencapai SKBM yang ditetapkan yaitu 60. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model Team Assited Individualization dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Malang (2) aktivitas belajar IPA pada siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Malang dan (3) hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Malang yang berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Sumbersari 1 Malang. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam penerapan model Team Assisted Individualization. Pada pertemuan 1 memperoleh nilai (56 41) pertemuan 2 (71 79) pertemuan 3 (84 61) pertemuan 4 (97 43). Meningkatnya aktivitas belajar dalam pembelajaran IPA pertemuan 1 sampai 4 mencapai taraf keberhasilan klasikal baik pada pertemuan 1 memperoleh nilai (53 17%) pertemuan 2 (56 74%) pertemuan 3 (59 12%) pertemuan 4 (62 03%). Meningkatnya hasil belajar ditunjukkan pada nilai rata-rata setiap pertemuan yang meningkat. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 (64 1) siklus 2 (91 02). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Bagi Kepala Sekolah hendaknya selalu memotivasi guru untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada aktivitas siswa (2) Hendaknya guru menerapkan model Team Assisted Individualization khususnya pada pembelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya dan (3) bagi peneliti lain diharapkan untuk meneliti kembali model Team Assisted Individialization serta dapat diterapkan pada mata pelajaran kelas dan sekolah yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |