Penerapan model cooperative integrated reading and composition untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN BAndungrejosari 1 Malang / Dewi Fensiska Mardiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model cooperative integrated reading and composition untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN BAndungrejosari 1 Malang / Dewi Fensiska Mardiah

Mardiah, Dewi Fensiska (2011) Penerapan model cooperative integrated reading and composition untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN BAndungrejosari 1 Malang / Dewi Fensiska Mardiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) membaca pemahaman hasil belajar. Hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas VA SDN Bandungrejosari 1 Malang pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca pemahaman didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi. Rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 50 35 dengan ketuntasan kelas 20% sedangkan SKM yang ditentukan adalah 65 00 untuk hasil belajar dan 65% untuk ketuntasan kelas. Untuk itu agar dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model CIRC yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN Bandungrejosari 1 Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan model CIRC dapat dilaksanakan dengan efektif dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hal ini terbukti pada setiap siklus seluruh indikator dapat tercapai dengan baik sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Aktivitas pembelajaran tersebut meliputi kerjasama membacakan teks bacaan menemukan gagasan utama merangkum cerita sekaligus menceritakan kembali serta saling merevisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CIRC untuk materi membaca pemahaman cerita rakyat dapat dilaksanakan dengan efektif. Kemampuann membaca pemahaman siswa meliputi pemahaman literal reorganisasi dan inferensial. Teks bacaan yang diberikan pada siswa telah disesuaikan dengan formula SMOG. Hasil belajar pada siklus I rata-rata 51 32 dan ketuntasan kelas 40% meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 65 34 dan ketuntasan kelas mencapai 73 68%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai sarana rujukan penelitian lebih lanjut dengan memperhatikan dan melakukan persiapan yang matang dalam pembagian tugas kelompok untuk menghindari kekacauan dalam pengorganisasian kelompok serta memilihkan teks bacaan yang sesuai dengan kelas dan usia siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103621

Actions (login required)

View Item View Item