Perbedaan efektifitas model pembelajaran word square dengan make A match terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran PKn di SDN Dampit 2 Kabupaten Malang / lilik Mulyeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan efektifitas model pembelajaran word square dengan make A match terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran PKn di SDN Dampit 2 Kabupaten Malang / lilik Mulyeni

Mulyeni, Lilik (2011) Perbedaan efektifitas model pembelajaran word square dengan make A match terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran PKn di SDN Dampit 2 Kabupaten Malang / lilik Mulyeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Word Square Make a Match Hasil Belajar PKn SD Model pembelajaran yang dilakukan di SDN Dampit 2 Kabupaten Malang masih bersifat konvensional hal ini sesuai dengan observasi yang dilakukan peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Word Square dengan Make a Match terhadap hasil belajar (2) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar model pembelajaran Word Square dengan Make a Match siswa kelas III pada mata pelajaran PKn di SDN Dampit 2 Kabupaten Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen kuasi (Quasi Experimental Design) dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat komparasi kausal. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IIIA dan IIIB. Data hasil belajar diperoleh dari tes hasil belajar pada materi harga diri. Setelah data dianalisis dapat diketahui bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varian yang identik baik untuk data kemampuan awal maupun data hasil belajar serta kemampuan awal kelas eksperimen dan pembanding sama. Sedangkan pada uji hipotesis dapat diketahui bahwa ada perbedaan pelaksanaan efektifitas model pembelajaran Word Square dengan Make a Match terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran PKn di SDN Dampit 2 Kabupaten Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (77 143) lebih tinggi dibanding rata-rata hasil belajar kelas pembanding (65 806). Hasil uji hipotesis dengan uji t menunjukkan taraf signifikansi 0 022 0 05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) hasil penerapan dengan model pembelajaran Word Square dapat mengaktifkan siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Model ini dapat mendisiplinkan siswa dan mengajarkan kerjasama akan tetapi dapat mematikan kretifitas siswa jika guru tidak menyiapkan pertanyaan lanjutan untuk menggali potensi siswa (2) hasil penerapan model pembelajaran Make a Match dapat mengaktifkan siswa saat proses belajar mengajar berlangsung. Model ini dapat melatih tanggung jawab disiplin serta kerjasama siswa di kelas akan tetapi siswa cenderung akan bermain daripada belajar jika guru tidak membatasi waktu yang diberikan (3) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding rata-rata hasil belajar kelas pembanding. Disarankan sebaiknya (1) dua model pembelajaran ini untuk tetap dipertahankan karena sudah terbukti keefektifannya (2) sebaiknya penelitian ini dilakukan lebih dari satu kali pertemuan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103614

Actions (login required)

View Item View Item