Wati, Lisa Lina (2011) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas IV SDN Ringinrejo I Kabupaten Kediri / Lisa Lina Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci hasil belajar pembelajaran PKn Mind Mapping. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar selama ini disajikan dengan konsep yang terpisah. Konsep pembelajaran disajikan dengan mengutamakan otak kiri dan cenderung mengabaikan otak kanan sehingga siswa sulit mengingat materi. Hal ini mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil belajar PKn pada tahap pra tindakan masih banyak siswa kelas IV SDN Ringinrejo I yang mendapat nilai di bawah KKM yaitu nilai 65. Dari 34 siswa terdapat 16 siswa yang mendapat nilai 8805 65 dan 18 siswa mendapat nilai 65 dan nilai rata-rata kelas adalah 61 3. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa mengingat materi pelajaran yang telah dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran PKn di Kelas IV SDN Ringinrejo I Kabupaten Kediri (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ringinrejo I Kabupaten Kediri melalui model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah 34 siswa kelas IV SDN Ringinrejo I. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi lembar tes dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data secara kualitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan terdapat 47 1% siswa yang tuntas siklus I tahap pertama terdapat 73 5% siswa yang tuntas belajar siklus I tahap kedua menjadi 85 2% dan pada siklus II tahap pertama 88 2% menjadi 97% siswa yang tuntas belajar dari jumlah siswa 34. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran Mind Mapping ini untuk materi pelajaran yang lain agar siswa senang dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya juga menciptakan pembelajaran yang inovatif dengan model pembelajaran Mind Mapping ini agar hasil belajar siswa dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |