Chotrunada, Allisya Risna (2011) Pengaruh penggunaan media pembelajaran CD interaktif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 1 kota Malang / Allisya Risna Cgotrunada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Media pembelajaran CD Interaktif hasil belajar. Materi pecahan merupakan salah satu materi dalam matematika yang memuat prinsip dan hitungan sehingga tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan dalam memahaminya. Salah satu cara inovatif untuk mengatasi keadaan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran CD Interaktif. Media ini digunakan karena memiliki beberapa kelebihan diantaranya dapat mengasah daya imajinasi siswa yang nantinya akan lebih meningkatkan pemahaman materi daripada kegiatan belajar mengajar yang tidak menggunakan media pembelajaran CD Interaktif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas IV yang tidak menggunakan media pembelajaran CD Interaktif kemudian bagaimana hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas IV yang menggunakan media pembelajaran CD Interaktif dan pengaruh penggunaan media pembelajaran CD Interaktif terhadap hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas IV SDN Bandungrejosari I Kota Malang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV C sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes untuk pre-test dan post-test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 17 0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai ratarata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa ratarata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 44 13 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 28 63 dengan nilai probabilitas (sig) pada t hitung adalah 0 000. Berdasarkan analisis data diambil kesimpulan bahwa hasil belajar matematika pada kelas yang menggunakan media pembelajaran CD Interaktif lebih tinggi dari pada kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran CD Interaktif. Merujuk hasil analisis data maka dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran CD Interaktif pada materi pecahan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Bandungrejosari I Kota Malang. Saran yang diajukan untuk guru bidang studi matematika adalah menjadikan media pembelajaran CD Interaktif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan penelitian dengan media pembelajaran CD Interaktif pada materi selain pecahan atau menggunakan metode dan media yang berbeda serta aspek yang diukur adalah aspek yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |