Meningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran talking stick di kelas V SDN Dawuhan I Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk / Arina Tri Mariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran talking stick di kelas V SDN Dawuhan I Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk / Arina Tri Mariyanti

Mariyanti, Arina Tri (2011) Meningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran talking stick di kelas V SDN Dawuhan I Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk / Arina Tri Mariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar PKn Talking Stick Mata pelajaran PKn adalah mata pelajaran yang membentuk siswa menjadi manusia yang berakhlak mulia berguna bagi nusa dan bangsa serta mampu mengikuti perkembangan IPTEK. Dalam pembelajaran PKn guru selalu mendominasi pembelajaran dengan ceramah tanya jawab dan memberikan tugas saja. Sehingga membuat siswa bosan dan bahkan mempengaruhi hasil belajar siswa. Karena guru mendominasi pembelajaran sehingga siswa pasif dan kurang memahami materi yang diajarkan guru dan hasil belajar mereka menurun. Untuk itu diperlukan pembaharauan mengenai hal itu. Misalnya dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Penelitian tujuan untuk mendiskripsikan beberapa hal yang mencakup pelaksanaan model pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas V SDN Dawuhan I Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick kelas V SDN Dawuhan I Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas / Classroom Action Research (CAR). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik Observasi Tes dan Dokumentasi. Data proses pembelajaran (penerapan model Talking Stick) bersumber dari peneliti dan siswa kelas V SDN Dawuhan I. Data keaktifan siswa diperoleh dari hasil observasi pada proses pembelajaran pada awal siklus sampai dengan akhir siklus yang direncanakan dalam kelas. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking stick juga meningkat yaitu pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 3 siswa (15%) kemudian naik pada pertemuan II menjadi 8 siswa (40%). Sedangkan pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 16 siswa (76%) kemudian naik pada pertemuan II sebanyak 19 siswa (90 5%). Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru seharusnya guru mau mencoba model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran lainnya agar siswa lebih senang dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran lain juga meningkat bagi siswa seharusnya siswa dapat belajar lebih giat lagi dan lebih aktif dalam pembelajaran agar mereka mendapat hasil belajar atau nilai yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103494

Actions (login required)

View Item View Item