Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Bandungrejosari 1 Malang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw / Jauharotul Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Bandungrejosari 1 Malang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw / Jauharotul Mufidah

Mufidah, Jauharotul (2011) Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Bandungrejosari 1 Malang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw / Jauharotul Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Kooperatif jigsaw hasil belajar keaktifan IPA SD. Model kooperatif tipe jigsaw merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan interaksi sosial antar siswa dan juga dapat melatih rasa tanggung jawab siswa karena disini siswa dituntut untuk bisa memahamkan temannya mengenai materi yang telah dipelajarinya. Dengan begitu kualitas pembelajaran akan dapat meningkat. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas 5 SDN Bandungrejosari 1 Malang pada waktu pembelajaran IPA didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi siswa terlihat kurang aktif dan banyak yang mengantuk. Dari nilai siswa pada materi bahan penyusun benda menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 55 35 dengan ketuntasan kelas 30% sedangkan SKM yang ditentukan adalah 65.00 untuk hasil belajar dan 65% untuk ketuntasan kelas. Untuk itu agar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (2) mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif.Subjek penelitian adalah siswa kelas 5A SDN Bandungrejosari 1 Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk pembelajaran IPA siswa kelas 5A SDN Bandungrejosari 1 dengan standar kompetensi Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model dapat dilaksanakan dengan efektif. Keaktifan siswa meningkat dari 49 45 pada awal siklus I menjadi 77 49 pada akhir siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 55 35 dan ketuntasan kelas 30% sebelum tindakan menjadi rata-rata 71 90 dan ketuntasan kelas mencapai 65% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam melakukan model pembelajaran kooperatif jigsaw sebaiknya guru melakukan persiapan yang matang dalam pembagian kelompok ahli maupun kelompok asal untuk menghindari kekacauan dalam pengorganisasian kelompok guru dapat menggunakan stiker penanda kelompok baik dalam kelompok ahli maupun pada kelompok asalnya agar tidak terjadi kebingungan pada siswa saat harus berkumpul ke kelompok ahli maupun kembali ke kelompok asal.dan tidak terlalu banyak dalam membagi anggota dalam kelompok (4-6 siswa).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103466

Actions (login required)

View Item View Item