Peningkatan kemampuan mencari ide pkok paragraf melalui pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Kota Malang / Wisda Miftakhul Ulum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mencari ide pkok paragraf melalui pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Kota Malang / Wisda Miftakhul Ulum

Ulum, Wisda Miftakhul (2011) Peningkatan kemampuan mencari ide pkok paragraf melalui pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Kota Malang / Wisda Miftakhul Ulum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata- kata kunci Pembelajaran Bahasa Indonesia ide pokok paragraf pendekatan konstruktivistik SDN Purwodadi 1 Malang. Mencari ide pokok/kalimat utama paragraf merupakan salah satu kompetensi yang selalu ada dalam soal UASBN Bahasa Indonesia. Untuk memberikan pembelajaran mencari ide pokok paragraf lebih bermakna salah satu pilihan menggunakan pendekatan konstuktivistik. Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan implementasi pendekatan konstruktivistik pada pembelajaran mencari ide pokok paragraf. 2) Mendiskripsikan peningkatan kemampuan siswa mencari ide pokok paragraf melalui pendekatan konstruktivistik. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu 1) rencana 2) tindakan 3) observasi 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Malang. Hasil penelitian pra tindakan 28 siswa (100%) belum tuntas. Siswa yang mendapat nilai 44 sebanyak 6 anak (21 4%). Siswa yang mendapat 37 sebanyak 8 anak (28 5%). Siswa yang mendapat 30 sebanyak 14 anak (50 1%). Pada siklus I dari 28 siswa 20 anak (71 4%) dinyatakan tuntas yang masih belum tuntas 8 anak (28 6%). Siswa yang mendapat 31 sebanyak 1 anak 39 sebanyak 1 anak 53 sebanyak 1 anak 55 sebnyak 2 anak 57 sebanyak 1 anak 58 sebanyak 1 anak 60 sebanyak 2 anak 62 sebanyak 3 anak 67 sebanyak 2 anak 69 sebanyak 4 anak 71 sebanyak 1 anak 72 sebanyak 2 anak 74 sebanyak 1 anak 75 sebanyak 1 anak 78 sebanyak 2 anak 79 sebanyak 1 anak 95 sebanyak 1 anak tidak hadir 1. Pada siklus II dari 28 anak sebanyak 22 anak (78 6%) dinyatakan tuntas yang masih belum tuntas 6 anak (21 6%. Siswa yang mendapat 90 sebanyak 4 anak 80 sebanyak 9 anak 70 sebanyak 6 anak 60 sebanyak 3 anak 50 sebanyak 3 anak 30 sebanyak 2 anak tidak hadir 1. Penilaian proses belajar siswa siklus I pertemuan 1 sebanyak 17 anak (60 7%) dinyatakn tuntas. Siswa yang mendapat nilai 100 sebanyak 1 anak 95 sebanyak 1 anak 90 sebanyak 3 anak 85 sebanyak 3 anak 80 sebanyak 2 anak 75 sebanyak 3 anak 70 sebanyak 2 anak 60 sebanyak 2 anak 55 sebanyak 1 anak 50 sebanyak 5 anak 45 sebanyak 1 anak 40 sebanyak 3 anak 35 sebanyak 1 anak. Pertemuan 2 sebanyak 19 anak (67 9%) dinyatakan tuntas. Siswa yang mendapat nilai 90 sebanyak 3 anak 85 sebanyak 1 anak 80 sebanyak 2 anak 75 sebanyak 2 anak 70 sebanyak 4 anak 65 sebanyak 5 anak 60 sebanyak 2 anak 55 sebanyak 1 anak 50 sebanyak 4 anak 45 sebanyak 1 anak 40 sebanyak 2 anak tidak hadir 1. Pertemuan di siklus II ditemukan 24 anak (85 7%) dinyatak tuntas. Siswa yang mendapat nilai 95 sebanyak 2 anak 90 sebanyak 3 anak 85 sebanyak 3 anak 80 sebanyak 1 anak 75 sebanyak 2 anak 70 sebanyak 1 anak 65 sebanyak 5 anak 60 sebanyak 7 anak 55 sebnyak 1 anak 50 sebanyak 2 anak tidak hadir 1. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan hasil belajar mencari ide pokok paragraf dan kualitas proses belajar siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Malang. Untuk penelitian yang selanjutnya disarankan mengembangkan pendekatan konstruktivistik lebih lanjut dan lebih bervariasi untuk memperbaiki kekurangan dan memperoleh hasil yang lebih memuaskan dengan memperbaiki penggunaaan media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103460

Actions (login required)

View Item View Item