Puspitasari, Agustin Dewi (2011) Peningkatan keterampilan menulis melalui menulis pengalaman pribadi siswa kelas V SDN Karangrejo 2 Kabupaten Blitar / Agustin Dewi Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci peningkatan ketrampilan menulis pengalaman pribadi Permasalahan yang timbul pada pembelajaran Bahasa Indonesia pembelajaran menulis adalah siswa kurang mampu dalam mengungkapkan ide perasaan dan pengalaman kedalam bentuk tulisan dengan menggunakan kalimat yang efektif dan belum menggunakan ejaan yang benar oleh karena itu siswa mengatasi masalah tersebut yaitu melalui menulis pengalaman pribadi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui menulis pengalaman pribadi dan untuk mendeskripsikan hasil pelaksanaan pembelajaran menulis melalui menulis pengalaman pribadi siswa kelas V SDN Karangrejo 2 Kabupaten Blitar. Penelitian ini bermanfaat untuk membantu siswa dalam meningkatkan ketrampilan menulis baik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia maupun dalam penerapan pada pembelajaran lain dan dapat menumbuhkan semangat pada siswa untuk lebih giat belajar. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Karangrejo 2 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Subject penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangrejo 2 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar semester 1 tahun pelajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi dan pedoman tes. Jenis penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketrampilan menulis siswa kelas V SDN Karangrejo 2 mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dicapai setelah dilakukan pembelajaran menulis melalui menulis pengalaman pribadi siswa. Pada siklus 1 aspek kesesuaian judul dengan isi meningkat 40% aspek keterkaitan isi tulisan antar paragraph mengalami peningkatan sebesar 33 33% pada aspek penggunaan ejakan meningkat 13 33% dari pra tindakan. Pada siklus 2 telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu mencapai lebih dari 70%. Pelaksanaan pembelajaran menulis melalui menulis pengalaman pribadi dapat meningkatkan ketrampilan menulis siswa kelas V SDN Karangrejo 2 Kabupaten Blitar. Saran yang peneliti sampaikan hendaknya dalam pembelajaran menulis guru menggunakan strategi menulis melalui pengalaman pribadi siswa hal ini dapat melatih siswa bercerita dalam bentuk tulisan memperkaya pengalaman sehingga mengembangkan daya nalar dan kreatifitas. Menulis melalui pengalaman pribadi dapat membantu siswa dalam belajar menuangkan ide kreatifnya dalam bentuk tulisan dan pengalaman yang dialaminya sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |