Meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV melalui media lingkungan sekitar di SDN Ngawonggo 02 Tajinan-Malang / Maria Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV melalui media lingkungan sekitar di SDN Ngawonggo 02 Tajinan-Malang / Maria Ulfa

Ulfa, Maria (2010) Meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV melalui media lingkungan sekitar di SDN Ngawonggo 02 Tajinan-Malang / Maria Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci keterampilan menulis media lingkungan sekitar Keterampilan menulis diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Salah satu keterampilan menulis adalah menulis karangan deskripsi. Melalui pembelajaran menulis karangan deskripsi diharapkan siswa mampu menulis karangan deskripsi dengan baik. Berdasarkan observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SDN Ngawonggo 02 Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi anatara lain (1) guru hanya menggunakan metode konvensional yaitu tanya jawab kemudian penugasan (2) guru tidak menggunakan media khusus yang bisa memotifasi siswa agar bisa menulis karangan deskripsi (3) guru tidak menginformasikan tahap menulis karangan deskripsi (4) siswa tidak memperhatikan penggunaan isi dan bahasa. Persoalan di atas menginspirasikan perlunya dilakukan penelitian penggunaan media lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN Ngawonggo 02. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan penggunaan media lingkungan sekitar dalam meningkatkan kemampuan menullis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Ngawongo 02 (2) memaparkan peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Ngawonggo 02 dilihat dari penggunaan isi (kelengkapan isi kesesuaian isi kerincian isi) dan bahasa (ejaan dan tanda hubung) setelah menggunakan media lingkungan sekitar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan memanfaatkan media lingkungan sekitar yang berlangsung dalam tiga tahaan menulis yaitu tahap prapenulisan tahap penulisan dan tahap merevisi. Melalui media lingkungan sekitar ini siswa dihadapkan dengan keadaan yang sebenarnya sehingga siswa mengalami sendiri dan mencari pengalaman sendiri dengan bimbingan guru. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang terdiri atas 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata 57 33 dan pada siklus II meningkat menjadi 69 23. Selain itu ketuntasan belajar pada siklus I masih 33 33% dan meningkat menjadi 57 14% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas IV dengan memanfaatkan media lingkungan sekitar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dan peningkatan hasil keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Pada kegiatan pra tindakan rata-rata hasil belajar siswa 53 04 siklus I mengalami peningkatan menjadi 57 33 dan pada siklus II meningkat menjadi 69 23. Ketuntasan belajar pada siklus I adalah 33 33% dan meningkat menjadi 57 14% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik maka disarankan kepada (1) Guru bidang studi bahasa Indonesia hendaknya menggunakan media lingkungan sekitar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dan proses pembelajaran bisa dilakukan di luar kelas supaya siswa tidak merasa bosan dengan proses belajar mengajar yang selalu dilakukan di dalam kelas (2) Sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang baik dalam pemenuhan media pembelajaran agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dan hasil belajar yang maksimal (3) Siswa hendaknya lebih sering berlatih menulis karangan deskripsi di mana saja dan kapan saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103320

Actions (login required)

View Item View Item