The students' perception towards speaking class in Intensive Course (IC) Program / Dhika Kusumaranti - Repositori Universitas Negeri Malang

The students' perception towards speaking class in Intensive Course (IC) Program / Dhika Kusumaranti

Kusumaranti, Dhika (2017) The students' perception towards speaking class in Intensive Course (IC) Program / Dhika Kusumaranti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumaranti Dhika 2016.Persepsi Siswa Terhadap Kelas Berbicara (speaking) Dalam Program Intensive Course (IC). Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharmanto. M.Pd. (II) Nunung Suryati. M.Ed. Ph.D. Kata Kunci kelas berbicara intensive course Survey ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kelas berbicara (speaking) dalam program Intensive Course (IC)yang mencangkup (1) Pencapaian tujuan kelas (2) Buku Paket siswa (3) Kegiatan belajar dan mengajar dan (4) Manajemen Kelas. Penelitian ini menggunakan kuissioner yang digunakan sebagai instrument. Kuisioner tersebut di adaptasi dari Scott (2003) buku paket mahasiswa siswa dan course profile kelas tersebut. Populasi dari penelitian ini berjumlah 192 mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah Intensive Course (IC) pada tahun 2015. Terdapat 85 siswa yang diketahui telah memberikan respon terhadap survey ini. Sample tersebut di ambil menggunakan metode random sampling dengan lotre. Peneliti menulis nama kelas pada secarik kertas lalu mengambil kertas tersebut secara acak. Metode analisis data dilakukan melalui 3 tahap. Tahap pertama adalah mengidentifikasi respon yang telah diberikan. Setelah itu data tersebut di analisis untuk mengetahui jawaban umum yang nampak langkah terakhir adalah menghitung frekuensi dan presentase dari respon yang diberikan oleh siswa pada setiap nomor. Hasil menunjukan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon Setuju dan Sangat Setuju bahwa kelas berbicara (speaking) tersebut telah membuat siswa mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang tercantum pada course profile. Selain itu kelas tersebut juga dianggap telah efektif untuk membantu siswa dalam mempersiapkan mata kuliah selanjutnya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa buku siswa telah digunakan secara tepat dan memiliki konten yang sesuai untuk digunakan sebagai media dalam kegiatan belajar dan mengajar. Selanjutnya penelitian ini menemukan bahwa kegiatan pembelajaran adalah aspek yang perlu untuk diperbaiki dikarenakan siswa merasa takut dan bosan selama proses. Disamping itu dosen yang telah cakap dimana salah satunya adalah penutur asing merupakan aspek yang tidak perlu mendapatkan peningkatan. Hasil dari penelitian ini dirasa penting untuk digunakan sebagai bahan evaluasi kelas berbicara (speaking) pada program Intensive Course (IC). Data yang terkumpul memberikan saran kepada Jurusan Sastra Inggris untuk mempertimbangkan ukuran kelas dikarenakan hal tersebut dapat membuat siswa merasa nyaman dan dapat ikut serta secara baik di dalam kelas. Keberadaan penutur asing juga dirasa akan sangat membantu siswa dalam memahami bahasa Inggris lebih baik khususnya pada faktor berbicara (speaking). Selain itu strategi pembelajaran juga diharapakan bisa menyenangkan dan menarik. Dalam hal ini para dosen dapat menggunakan strategi pembelajaran untuk kelas berbicara (speaking) yang disarankan oleh Harmer (2012). Selanjutnya dosen diharap dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat berpartisipasi di dalam kelas dan sekaligus memberikan perhatikan terhadap apa yang mereka sampaikan. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan tipe kuisioner yang digunakan peserta pilot testing yang lebih banyak tehnik pengambilan sample dan penggunaan metode wawancara untuk mendapatkan informasi yang lebih menyeluruh. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan untuk mengetahui strategi yang tepat untuk digunakan dalam kelas berbicara (speaking) dan konten dari buku paket siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10331

Actions (login required)

View Item View Item