Developing web-based supplementary listening materials for eighth graders / Yani I'in Ariska - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing web-based supplementary listening materials for eighth graders / Yani I'in Ariska

Ariska, Yani I'in (2016) Developing web-based supplementary listening materials for eighth graders / Yani I'in Ariska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariska Yani I. 2016. PengembanganMateriMenyimak (Listening) TambahanBerbasis Web untukKelasDelapan. Skripsi SastraInggris FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Advisor (1) Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D. (2) NurHayati S.Pd. M.Ed. Kata kunci materitambahanmenyimak berbasis web Mencapaitujuandarikegiatanmenyimak di tingkatSekolahMenengahPertama (SMP) adalahsebuah proses yang sulitbaikbagi guru maupunsiswa. Hal inidikarenakanketerbatasanmateridanwktu yang dimilikiuntukpembelajaranmenyimak. Denganmenggunakan media untukkegiatanmenyimakdiharapkandapatmembantusiswauntukbelajardantertarikuntukmelakukanlatihanmenyimakdenganmenggunakanmetode yang menyenangkan. Olehkarenaitu membuatmateritambahanmenyimakuntukkelas VIII akandapatmembantusiswadalammengatasiketerbatasanwaktupembelajarandanmemberikankesempatanpadasiswabaikdalammeningkatkanpemahamansiswadalammenyimakmaupunmendukungsiswauntukmeningkatkannilai. Penelitianinimengadaptasidari model penelitiandanpengembanganoleh Hyland (2003 57) yang terditidaribeberapa proses (1) analisakebutuhan (2)perencanaan (3)pengembanganproduk (4) validasiahli (5) revisi I (6) uji-coba (7) revisi II and (8) produkakhir. Dalam proses analisakebutuhan penelitimemberikankuisionerkepadasiswatingkatdelapan di SMPN1 Wajak. Hasildarianalisakebutuhanmanunjukkanbahwasiswamembutuhkanmateritambahanuntukmebantumelatihkemampuanmenyimak (Listening). ProdukdikembangkandenganmenggunakanWeebly untukmembuat website danGoogle Form untukmembuatlatihansoal agar lebihinteraktif. Produkdivalidasiolehdua orang ahlidalam media pembelajarandanmateriyaitu DosenSastraInggris UM dan Guru SMPN 1 Wajak. Produktelahdirevisiberdasarkanhasildarivalidasiahli yang mencakupdesaindanpenorganisasian kemudahanakses danisimateri. Kemudian produkdiujicobakankepada 6 orang siswakelasdelapan di SMPN 1 Wajak. Hasildariuji-cobamenunjukkanbahwaisimaterisesuaidengankurikulumdankebutuhansiswa. Desainprodukjugadapatmenarikminatsiswauntukmelakukanlatihanmenyimak (Listening). Produkdirevisiberdasarkanpenilaiandan saran dariahlisertaumpanbalikdarisiswapada proses uji-coba. Produkakhiradalahmateriberbasis web denganjudulFun Listeningyang bisadiaksesdenganalamatfunlistening.weebly.com. Produkdapatdiaksesdenganmenggunakankomputer laptop maupuntelepongenggam yang terkoneksi den internet. Produkterdiridariempatlatihan (lessons) (1) meminta memberidanmengingkariinformasi (2) memberikanperhatianterhadappembicara (3) iklan dan (4) teksrecountdanteksnarrative. Di dalamwebsiteterdapatduarekaman audio dantiga video. Soallatihandiberikandalambentukpertanyaan-pertanyaandenganjawabanterbuka pilihanganda benar/salah jawabansingkatdantugas. SemuamateritersebutdiberikandenganmenggunakanteknikThree-Phase yaitu Pre-Listening Whilst-Listening danPost-Listening. Produkinidisarankanuntukdigunakanoleh guru Bahasa Inggrismateritambahandengancakupanmateri yang lebihluasdandapatdigunakansebagai media pembelajaran. Selainitubagipeneliti yang tertarikdenganpengembanganmateritambahanmenyimakberbasis web diharapkanuntukmenambahkanlebihbanyakpilihantopikmateridansoallatihan yang lebihbervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10321

Actions (login required)

View Item View Item